5 Hal yang Biasa Menyebabkan Seseorang Tiba-tiba Pingsan

Kamis, 31 Januari 2019 13:26 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal yang Biasa Menyebabkan Seseorang Tiba-tiba Pingsan ilustrasi pingsan. © Lovin malta

Merdeka.com - Kadang kali tak ada penyebab yang jelas namun tubuh kamu merasa terhuyung dan kemudian pingsan. Hal ini tentu bakal sangat membingungkan jika kamu alami.

Pertama perlu kamu kenali dulu, apa sih yang menyebabkan seseorang pingsan? Pingsan terjadi ketika kamu kehilangan kesadaran untuk waktu yang singkat karena otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Pingsan sendiri bukanlah masalah kesehatan yang serius namun juga tak bisa dikesampingkan begitu saja. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang pingsan.

1. Tekanan darah rendah

tekanan darah rendah adalah kondisi yang seringkali disepelekan. Padahal, tekanan darah rendah dapat menyebabkan kamu pingsan dengan tiba-tiba.

Hipoglikemia, yang merupakan sebutan lain untuk kondisi ini melarang kamu untuk melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan dapat menyebabkan penurunan kadar gula dan tekanan dalam tubuh.

2. Stres hipertensi

Stres hipertensi adalah salah satu faktor yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk mengatasinya,sebaiknya kamu berusaha untuk mengendalikan stres. Jika kamu tak mampu melakukannya, kondisi ini bisa membuat kamu pingsan sewaktu-waktu.

3. Sangat lapar

Dalam beberapa hal orang tidak menyadari bahwa perutnya sudah sangat kosong dan membutuhkan asupan tenaga. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang terlalu sibuk sehingga melewatkan jam makan.

Kondisi sangat lapar yang dialami seseorang ini bisa saja membuat kamu pingsan. Penyebabnya adalah tubuh kekurangan bahan bakar untuk otak.

4. Aritmia jantung

Detak jantung yang tak beraturan adalah gejala paling umum yang terjadi pada aritmia jantung. Kondisi ini dapat membuat kaki kamu menjadi tak stabil.

Penyebab munculnya perasaan tak stabil ini adalah karena gangguan aliran darah ke otak. Tak hanya membuat kamu pingsan, kondisi ini bisa memicu pembekuan darah dan stroke.

5. Masa awal kehamilan

Merasa tubuh tak stabil dan bahkan mengalami pingsan tanpa terduga bisa menjadi salah satu gejala kehamilan awal. Jika ini memang ada kemungkinan untuk itu, kamu bisa memastikannya dengan melakukan tes yang akurat.

Masalah terjadinya pingsan ini sendiri biasanya menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih besar lagi. Secara umum, hal ini terjadi karena adanya penurunan tekanan darah sehingga mengurangi sirkulasi darah ke otak dan berujung pada kehilangan kesadaran. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini