5 Hal Tentang Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun

Kamis, 16 Desember 2021 18:35 Reporter : Titah Mranani
5 Hal Tentang Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Vaksinasi Anak di SDN Kawungluwuk Bogor. ©2021 Humas Pemkot Bogor

Merdeka.com - Pemerintah baru saja mengeluarkan keputusan untuk menjalankan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Terkait dengan vaksinasi anak tersebut, Prof Tjandra Yoga Aditama yang juga Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) Asia Tenggara menyampaikan 5 hal.

“Bersama ini disampaikan lima hal sehubungan vaksinasi anak-anak,” kata Tjandra dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari Health Liputan6.com.

5 hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah:

1. Secara global tingkat kasus dan kematian akibat covid-19 memang lebih banyak orang dewasa, tetapi kasus dan kematian pada anak juga memang sudah terjadi.

2. Jika anak tidak mendapatkan vaksinasi covid-19, mereka berpotensi terinfeksi dan dapat mengalami sindroma hiper inflamatori yang dikenal sebagai paediatric inflammatory multisystem syndrome temporally associated with SARS-CoV-2 (PIMS-TS) di Eropa dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C)” di Amerika Serikat namun kejadian tersebut sangat jarang.

PIMS-TS atau MIS-C merupakan penyakit sistemik langka yang mengakibatkan demam terus-menerus dan peradangan ekstrem setelah terpapar virus covid-19 dan bersifat sementara.

3. Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun pemerintah Indonesia menggunakan vaksin Sinovac. Sedangkan negara lain seperti Amerika Serikat merekomendasikan vaksin Pfizer untuk anak usia 5-11 tahun. Begitu juga dengan Otoritas kesehatan di Tiongkok menyetujui penggunaan dua vaksin inaktivasi yaitu Sinovac-CoronaVac dan BBIBP-CorV untuk anak usia 3 sampai 17 tahun.

Sementara untuk di India, mereka menggunakan vaksin inaktivasi Covaxin produksi Bharat serta vaksin DNA ZycovD untuk anak usia 12 sampai 17 tahun.

4. Vaksinasi untuk anak tak hanya melindungi diri mereka sendiri, tetapi juga keluarga inti, keluarga yang sudah lanjut usia di dalam rumahnya, juga melindungi teman-temannya baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan bermain.

5. Alasan pemberian vaksinasi anak pada usia 6-12 tahun yang termasuk dalam usia anak sekolah SD, mereka bisa diajak berbicara tentang rencana pemberian vaksin yang akan diterimanya, apa manfaatnya, serta kemungkinan akan keluhan ringan yang akan mereka rasakan setelah mendapatkan vaksin.

Liputan6.com/Ade Nasihudin Al Ansori [ttm]

Baca juga:
Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Mulai Digelar di Sleman
Menko PMK: Vaksinasi Anak Membuat Orang Tua Percaya Diri Pembelajaran Tatap Muka Aman
Menko PMK: Target 6,6 Juta Vaksinasi Anak Akhir Desember Bisa Dipenuhi
Vaksinasi Covid-19 di Ancol Bisa Dapat Tiket Gratis Dufan
Pamekasan Belum Bisa Mulai Vaksinasi untuk Anak, Kabid P2P Dinkes Beri Penjelasan Ini
Sasar 300 Anak, BIN DKI Gelar Vaksinasi Usia 6-11 Tahun di Tiga Sekolah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini