5 Hal Selain Kehamilan yang Bisa Membuat Menstruasi Terlambat Datang

Kamis, 30 Juli 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Hal Selain Kehamilan yang Bisa Membuat Menstruasi Terlambat Datang Ilustrasi pembalut. ©Shutterstock

Merdeka.com - enstruasi merupakan salah satu siklus bulanan yang dimiliki oleh sejumlah wanita. Walau begitu, tidak semua wanita memiliki siklus bulanan yang sama.

Beberapa orang bahkan tidak memiliki waktu yang sama dalam siklus menstruasi mereka. Siklus menstruasi seseorang ini juga bisa maju dan mundur.

Maju mundurnya jadwal menstruasi ini bisa sangat mengganggu terutama bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Jadwal mundur yang terjadi juga sering membuat wanita mengira bahwa mereka tengah hamil.

Selain kehamilan, sejumlah hal lain juga bisa menyebabkan mundurnya siklus menstruasi ini. Dikumpulkan dari sejumlah sumber, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan menstruasi terlambat datang.

1 dari 5 halaman

Stres

Ketika kamu stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yaitu kortisol. Kelenjar adrenal yang memproduksi kortisol ini akan memberitahu otak untuk menunda ovulasi dan menarik semua hormon seperti estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi. Hal ini kemudian menjadi penyebab kamu terlambat datang bulan.

2 dari 5 halaman

Masalah Tiroid

rev1

Tiroid tidak dianggap sebagai biang keladi yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Namun tiroid yang menjadi bagian dari sistem endokrin berkaitan erat dengan sistem reproduksi.

Saat kamu mengalami hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif maka kamu akan mengalami kelelahan yang amat sangat, sembelit, rambut rontok, serta keluarnya darah yang berlebihan saat sedang datang bulan. Sementara saat kamu mengalami hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif maka akan menyebabkan penurunan berat badan, detak jantung yang terlalu cepat, sulit tidur, gelisah, dan tidak teraturnya siklus datang bulan.

3 dari 5 halaman

Penurunan Berat Badan

Wanita yang memiliki indeks massa tubuh di bawah 19 cenderung untuk sering terlambat datang bulan karena lemak di tubuh yang terlalu sedikit. Sementara, estrogen yang ada di lemak membantu untuk menyeimbangkan hormon agar jadwal datang bulan jadi teratur.

4 dari 5 halaman

Pola Makan yang Buruk

yang buruk

Pola makan yang buruk seperti kurangnya nutrisi, zat antioksidan, atau serat bisa membuat jadwal menstruasi tak teratur. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran segar untuk membuat siklus menstruasimu jadi normal.

5 dari 5 halaman

Olahraga Terlalu Berlebihan

Olahraga memang baik untuk tubuh. Namun jika dilakukan terlalu berlebihan atau dengan intensitas yang tinggi bisa membuat siklus menstruasi jadi tak teratur. Sebuah penelitian di Sports Health pada tahun 2012 menemukan bahwa sebanyak 66% atlet wanita mengalami siklus menstruasi yang tak teratur karena olahraga berlebihan.

Selain kehamilan, sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab terlambatnya datang bulan yang kamu alami. Walau begitu, jika terlambatnya datang bulan ini terjadi terus-menerus dan dalam waktu lama, maka sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Deretan Mitos Terkait Organ Kewanitaan yang Tak Terbukti Kebenarannya
Benarkah Berendam di Air Bisa Buat Menstruasi Jadi Berhenti?
Agar Lebih Mudah Punya Momongan, Harus Seberapa Sering Pasangan Bercinta?
Hindari Pandangan Tabu ketika Mengajari Remaja Mengenai Kesehatan Reproduksi
Brief atau Boxer, Mana Jenis Celana Dalam yang Terbaik untuk Pria?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini