5 Faktor penentu besarnya peluang kehamilan

Rabu, 3 Agustus 2016 19:15 Sumber :
5 Faktor penentu besarnya peluang kehamilan Ilustrasi hamil. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Dok, gimana caranya biar cepat punya anak? (Lindayuni Astuti)

Jawaban
Peluang setiap wanita untuk hamil adalah 15-25 persen tiap bulan. Salah satu cara cepat hamil adalah dengan berhubungan seks selama masa subur, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur (ovulasi). Sel telur tersebut akan bertahan hidup selama 12-24 jam setelah dilepaskan. Proses ini terjadi sekitar 14 hari setelah hari pertama masa haid Anda (jika haid anda teratur).

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan peluang kehamilan:

Frekuensi berhubungan seks
Peluang sperma membuahi sel telur terbilang kecil, yaitu hanya pada 4-5 hari menjelang masa-masa ovulasi dan hari ovulasi itu sendiri. Maka yang bisa Anda lakukan adalah berhubungan seks dalam periode ini. Namun penelitian menemukan bahwa tubuh Anda sering tidak berproses tepat waktu seperti mesin. Masa-masa ovulasi dapat bergeser karena banyak faktor seperti stres dan olahraga berlebihan. Bahkan jika siklus haid Anda tergolong normal, ovulasi dapat terjadi kapan saja. Sehingga jika Anda tidak berhubungan seks tepat waktu, maka peluang Anda untuk hamil akan berkurang. Langkah terbaik yang disarankan adalah berhubungan seks sesering mungkin, setidaknya 3-4 kali seminggu. Dengan catatan, pasangan pria memiliki kadar sperma yang cukup.

Siklus menstruasi
Umumnya siklus haid terjadi dalam 21 hingga 35 hari sekali. Memang banyak wanita mengalami siklus haid tidak teratur yang sebagian besar tidak disebabkan masalah serius. Hanya saja, siklus haid yang tidak teratur berarti menyulitkan Anda untuk menghitung masa subur yang menjadi dasar perkiraan kehamilan.

Usia
Di atas usia 35, peluang seorang wanita untuk hamil akan menipis seiring dengan pertambahan usia.

Kesehatan pasangan
Penyakit kronis yang diidap salah seorang pasangan dapat memengaruhi peluang hamil. Menjaga kesehatan diri sendiri dan pasangan adalah langkah utama mencapai kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur,dan menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dapat meningkatkan peluang untuk memiliki keturunan.

Lama masa percobaan untuk hamil
Makin lama masa penantian dan percobaan Anda untuk hamil, maka makin keras usaha yang diperlukan untuk hamil. Berkonsultasilah kepada dokter kandungan jika Anda dan pasangan telah lebih dari 2 tahun mencoba mendapatkan keturunan. Sehingga dari banyaknya kemungkinan penentu yang dapat terjadi, jika memang anda dan pasangan telah lama menantikan kehadiran buah hati,langkah yang baik adalah konsultasikan kesehatan reproduksi anda dan suami kepada dokter spesialis kandungan agar di dapatkan solusi agar Anda dapat segara hamil.

Dijawab oleh dr.Jezy Reisya

Minggu depan merdeka.com mengusung tema seputar Kesehatan Umum. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini