5 Fakta penting tentang kekurangan vitamin B12

Senin, 23 September 2013 17:38 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Fakta penting tentang kekurangan vitamin B12 Ilustrasi vitamin. ©2012 Shutterstock/Roblan

Merdeka.com - Selama ini vitamin B12 tampaknya belum diperhatikan oleh kebanyakan orang. Padahal vitamin B12 juga dibutuhkan tubuh dan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan jika tak dipenuhi.

Yuk, kenali vitamin12 dan apa saja yang harus diketahui tentang kekurangan vitamin B12, seperti dilansir oleh Daily Health Post (19/09) di bawah ini.

1. Apa itu vitamin B12?
B12 adalah vitamin esensial larut air yang terdapat dalam berbagai makanan alami seperti ikan, telur, daging, dan produk susu. Biasanya penyakit kekurangan vitamin B12 ini terjadi pada vegetarian yang tak mengonsumsi daging. Vitamin B12 sangat penting karena digunakan untuk sintesis protein dan DNA. Meski begitu tubuh bisa menyimpan cukup vitamin B12 pada lever dan bisa bertahan hingga beberapa tahun. Karena itu biasanya kekurangan vitamin B12 langka terjadi.

2. Gejala kekurangan vitamin B12
Meski kekurangan vitamin B12 langka terjadi, namun efeknya bisa sangat serius dan menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem saraf. Beberapa gejala kekurangan vitamin B12 antara lain anemia, mati rasa pada tangan atau kaki, merasa lemah dan kurang energi, kehilangan nafsu makan, pikun, depresi, napas pendek-pendek, dan lainnya.

3. Penyebab kekurangan vitamin B12
Meski kekurangan vitamin B12 jarang terjadi, namun ada banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Beberapa jenis diet seperti menjadi vegetarian bisa memicu kekurangan vitamin B12 karena kebanyakan vitamin ini ditemukan pada daging dan produk susu. Selain itu, kebiasaan minum alkohol juga bisa menjadi penyebab kekurangan vitamin B12.

4. Cara mengetahuinya
Apakah kalian termasuk orang yang berpotensi kekurangan vitamin B12? Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan tes. Dokter biasanya merekomendasikan melakukan tes darah keseluruhan, tes homocysteine, dan tes asam methylmalonic. Namun langkah yang lebih mudah adalah memeriksakan diri ke dokter yang sudah berpengalaman menangani masalah kekurangan vitamin B12.

5. Menambah vitamin B12
Untuk menjaga agar tak kekurangan vitamin B12 ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk yang tidak vegetarian bisa dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, produk susu, atau ikan, serta telur. Sementara untuk vegetarian sebaiknya memperbanyak konsumsi alga dan rumput laut. Selain itu, suplemen vitamin b12 juga bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya kekurangan vitamin B12, meski sebenarnya tak terlalu efektif.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai vitamin B12 dan penyakit kekurangan vitamin B12. Untuk menghindari kekurangan vitamin B12, pastikan kalian mengonsumsi makanan alami yang banyak mengandung vitamin B12 seperti telur, ikan, dan lainnya. [kun]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini