5 Fakta menarik tentang madu yang harus diketahui!

Senin, 30 Juni 2014 09:36 Reporter : Kun Sila Ananda
5 Fakta menarik tentang madu yang harus diketahui! Ilustrasi madu. ©Shutterstock.com/grafvision

Merdeka.com - Bukan rahasia lagi bahwa madu merupakan salah satu makanan yang paling menyehatkan. Bahkan madu diklaim sebagai makanan yang mengandung obat dan bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit. Meski begitu, tampaknya masih banyak orang yang tak mengenali madu dengan baik.

Ada banyak fakta menarik yang masih tak diketahui oleh orang tentang madu, seperti bagaimana madu dibuat, bagaimana memilih madu terbaik, dan lainnya. Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang madu, seperti dilansir oleh Health Works (28/06).

1 dari 5 halaman

Bagaimana madu dibuat?

Ilustrasi lebah. ?shutterstock.com/Tischenko Irina

Sebelum membahas manfaat madu, seharusnya banyak orang mengetahui terlebih dahulu bagaimana madu dibuat. Madu tak serta-merta dihasilkan oleh bunga dan diambil oleh lebah seperti yang selama ini dipercaya oleh banyak orang. Bunga hanya menghasilkan nektar yang kemudian diisap oleh lebah.

Setelahnya, nektar bunga dicampur dengan enzim yang diproduksi oleh lebah. Enzim tersebut akan memecah nektar yang mengandung sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, bentuk molekul paling sederhana dari gula. Selanjutnya ada proses yang dinamakan 'evaporasi'. Proses ini membuat air dalam madu menguap sehingga hanya meninggalkan beberapa bagian saja. Inilah yang membuat madu berbentuk pekat dan tidak cair.

2 dari 5 halaman

Madu apa yang terbaik?

Sarang Lebah. ? Christian Guthier/Flickr

Ada banyak jenis madu yang tersedia di pasar, masing-masing tergantung pada jenis bunga dan nektar yang diambil oleh lebah. Karena itu, tak semua madu akan memiliki rasa atau kandungan yang sama. Namun yang jelas, Anda harus selalu membeli madu dalam bentuk mentah dan asli. Madu mentah dan asli berisi nektar dan diambil langsung dari sarang lebah.

Madu ini tidak dipanaskan, tidak dimurnikan, tidak melewati tahap pasteurisasi, dan tidak diproses. Madu mentah dan asli ini merupakan pilihan paling sehat dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Selain itu, madu jenis ini juga mengandung nilai nutrisi paling banyak. Enzim di dalamnya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

3 dari 5 halaman

Madu vs Gula

Ilustrasi gula. ?Shutterstock.com/Timmary

Mana yang lebih baik, madu atau gula? Selama ini masih banyak orang yang menanyakan hal ini. Tubuh kita mencerna madu dan gula dengan cara yang berbeda. Gula memiliki struktur yang lebih kompleks. Ketika kita memakan gula, tubuh perlu untuk menggunakan enzimnya sendiri untuk memecahnya menjadi molekul yang lebih kecil. Dengan kata lain, gula tidak memberikan nilai nutrisi apapun, namun proses untuk mencernanya justru menggunakan vitamin dan mineral dari dalam tubuh.

Di sisi lain, mengonsumsi madu jauh lebih baik dibanding gula. Madu sudah berbentuk molekul terkecil sehingga tubuh tak perlu menggunakan enzim lain saat mencernanya. Karena itu, ketika tubuh mengonsumsi madu, mereka tak menggunakan vitamin, mineral, atau enzim, namun justru mendapatkan nutrisi dari madu. Madu juga mengandung vitamin dan mineral yang tak dimiliki gula.

4 dari 5 halaman

Bagaimana menikmati madu?

madu. ©2012 egemeclisi.com

Jika ingin mulai menggunakan madu dalam keseharian Anda, pertama-tama coba gunakan madu untuk teh dan kopi. Anda juga bisa meminum campuran madu dengan air hangat. Selain enak, madu juga memiliki efek yang menenangkan.

Anda juga bisa menggunakan madu untuk menyembuhkan rasa mual. Caranya adalah dengan mencampur madu, jahe, dan lemon dalam air putih. Apakah Anda tahu bahwa madu juga bisa digunakan untuk menggantikan gula saat memanggang kue? Gunakan 2/3 cangkir madu untuk menggantikan satu cangkir gula.

5 dari 5 halaman

Waspada kalori

madu. shutterstock

Meski madu diketahui mengandung banyak nutrisi dibandingkan gula, namun juga ada hal yang harus Anda waspadai. Madu mengandung lebih banyak kalori dibandingkan gula. Karena itu, jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, sebaiknya perhatikan jumlah madu yang Anda konsumsi setiap harinya. Meski menyehatkan, kalori tetaplah kalori yang bisa membuat Anda naik berat badan. Jadi, jangan konsumsi terlalu banyak madu jika berniat untuk berdiet.

Itulah beberapa fakta penting tentang madu yang sebaiknya diketahui. Sekarang Anda mengetahui bagaimana madu dibuat, madu jenis apa yang terbaik, serta bagaimana kualitas madu jika dibandingkan dengan gula. [kun]

Baca juga:
Tingkatkan sistem metabolisme tubuh dengan mengonsumsi 5 makanan ini
Ini 5 makanan super sehat untuk jantung
Ini makanan yang harus dikonsumsi pria sebelum nge-gym
Perbanyak makan brokoli untuk cegah asma

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini