5 Cara yang Diusulkan Pakar untuk Sikapi Pasien COVID-19 yang Masih Bepergian

Rabu, 15 September 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara yang Diusulkan Pakar untuk Sikapi Pasien COVID-19 yang Masih Bepergian Ujicoba Aplikasi Pedulilindungi di Solo Paragon Mall. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke sejumlah tempat umum beberapa waktu lalu menemukan hasil yang mengejutkan. Dideteksi bahwa terdapat ribuan orang positif COVID-19 yang masih melakukan aktivitas di tempat umum seperti masuk ke dalam mal.

Mengenai pemberitaan ini, mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Prof. Tjandra Yoga Aditama menyampaikan bahwa ini sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber penularan.

“Sehubungan berita bahwa ada setidaknya 3.830 orang yang positif COVID-19 tapi masih jalan-jalan, 3 ribuan mau masuk mal dan lain-lain, tentu menjadi sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber penularan,” terang Prof. Tjandra.

Ia pun mengemukakan 5 hal yang dapat dilakukan langsung oleh sistem yakni:

Pertama, begitu hasil test positif maka sistem baiknya diatur agar bisa langsung menghubungi puskesmas di wilayah pasien tinggal dan puskesmas lalu menghubungi pasien untuk melakukan isolasi.

Kedua, sistem juga dapat menghubungi lurah/kepala desa setempat untuk ditindaklanjuti.

Baca Selanjutnya: Tulisan Peringatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini