5 Cara Seimbangkan Kondisi Lidah Agar Tetap Sehat di Usia 40-an

Selasa, 21 Desember 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Seimbangkan Kondisi Lidah Agar Tetap Sehat di Usia 40-an Ilustrasi lidah. ©Shutterstock.com/LoloStock

Merdeka.com - Seiring bertambahnya usia seseorang terutama ketika memasuki usia 40, terdapat sejumlah perubahan yang dialami oleh seseorang. Perubahan ini bisa terjadi baik pada mental maupun fisik seseorang.

Pada usia 40-an ini, indera pengecap milik seseorang juga mengalami perubahan. Terjadinya perubahan pada lidah ini bisa menjadi pemicu bagi sejumlah masalah kesehatan.

Berubahnya kondisi lidah menjadikan banyak orang setelah usia 40 kesulitan menikmati makanan dengan nyaman. Kondisi lidah yang tak seimbang ini menjadikan munculnya masalah pada asupan nutrisi seseorang.

Untuk kembali menyeimbangkan kondisi lidah, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan. Dilansir dari Livestrong, begini sejumlah cara untuk membuat lidah tetap sehat di usia 40-an.

1. Penuhi Asupan Air

Bagi mereka yang mengalami masalah mulut kering, memenuhi asupan air merupakan hal yang penting. Terpenuhinya asupan air ini juga sangat penting untuk memaksimalkan lidah dalam merasakan makanan.

Kondisi makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti timun atau tomat membantu memproduksi air liur dalam mulut. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi permen dan es batu.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Tampilan Makanan dan Perkuat Rasa

2. Perhatikan Tampilan Makanan

Tampilan dari makanan bisa sangat menentukan bagaimana persepsi rasa yang muncul. Semakin menarik tampilan makanan, semakin mudah kita menganggap bahwa makanan tersebut terasa lezat.

Hal ini bisa berupa penataan makanan maupun dari kombinasi warna makanan yang muncul. Tampilan makanan ini bisa sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan yang menurun pada usia 40-an.

3. Perkuat Rasa Makanan

Menambahi rempah dan bumbu pada makanan bisa sangat membantu mengatasi menurunnya nafsu makan di usia 40-an. Tambahan rasa yang kuat ini bisa membuat makanan lebih terasa dan lebih bisa dinikmati.

Selain menambahi bumbu pada makanan, adanya tambahan seperti acar juga bisa memperkaya rasa makanan. Pastikan saja tidak mengonsumsi bumbu atau penyedap secara berlebih untuk mencegah dampak buruk yang mungkin muncul.

3 dari 3 halaman

Coba Tekstur Makanan Berbeda dar Perhatikan Suhu Makanan

makanan berbeda dar perhatikan suhu makanan

4. Coba Makanan dengan Tekstur Berbeda

Semakin kaya tekstur makanan, semakin tinggi stimulasi sensoris yang dirasakan lidah. Hal ini bisa dilakukan dengan mencampur berbagai macam makanan yang berbeda.

Pastikan saja kombinasi nutrisi yang tepat dari berbagai makanan ini untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Hal ini terutama sangat penting seiring bertambahnya usia.

5. Perhatikan Suhu Makanan

Rasa makanan bisa sangat menentukan dalam kepuasan ketika mengonsumsinya. Konsumsi makanan yang dingin diketahui tidak semenyangkan dan sepuas ketika kita mengonsumsi makanan panas.

Agar bisa makan dengan nyaman, kamu bisa memilih makanan panas untuk dikonsumsi. Walau begitu, pada konsumsi makanan tertentu, sebaiknya kombinasikan makanan panas dan dingin untuk ketepatan nutrisi di dalamnya. [RWP]

Baca juga:
Jangan Mudah Tergiur Memuluskan dan Memutihkan Kulit dengan Cepat
Musim Hujan Tingkatkan Risiko ISPA, Ini Cara Mencegah Munculnya Masalah
Waspadai Salah Makan saat Liburan, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan
Cara Meningkatkan Energi di Pagi Hari agar Semangat Jalani Rutinitas

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebugaran
  3. Bugar
  4. Tips Sehat
  5. Nutrisi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini