5 Cara mudah singkirkan hasrat ngemil makanan manis

Senin, 30 September 2013 20:08 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Cara mudah singkirkan hasrat ngemil makanan manis Ilustrasi makan permen. ©Shutterstock/auremar

Merdeka.com - Permen, coklat, dan kue atau kukis merupakan makanan manis yang sulit untuk ditolak terutama pagi Anda yang penggila makanan manis. Bahkan ada sebagian dari Anda yang harus mengonsumsi makanan manis agar terasa lebih bersemangat.

Namun zat gula yang terkandung di dalamnya dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes, hingga resiko penyakit jantung dapat mengancam kesehatan tubuh Anda. Tidak ada salahnya Anda mengikuti 6 langkah ini untuk mengurangi keinginan Anda untuk melahap makanan manis.

Singkirkan semua sumber gula cair dalam makanan Anda

Gula cair yang terkandung dalam makanan manis sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Gula cair tersebut sama sekali tidak memberikan kontribusi bagi kesehatan Anda.

Hindari makanan yang terbuat dari gula sintesis

Ternyata gula sintesis yang dibuat untuk mengganti gula yang 'asli' terbuat dari pemanis buatan. Zat ini dapat merangsang nafsu makan Anda menjadi lebih meningkat.

Bacalah label makanan lebih teliti

Apabila dalam label makanan tertulis bahwa gula yang terkandung di dalamnya lebih dari 8 gram, maka Anda bisa menyingkirkannya. Karena 8 gram adalah jumlah normal asupan gula per hari. Nama lain dari zat gula adalah sukrosa, dekstrosa, sorbitol, mannitol, dekstrin, maltodekstrin dan sirup jagung

Mulailah 'Sehari Bebas Gula'

Setelah Anda menyingkirkan semua makanan yang mengandung gula sintetis, Anda dapat memulai hari bebas gula dengan sarapan bebas gula. Anda dapat mengonsumsi telur dan sayuran. Oatmeal dan kentang juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti karbohidrat namun masih mempunyai kadar gula yang rendah yang berfungsi sebagai kenaikan hormon insulin.

Nah, apabila Anda telah sukses menaklukan diri Anda dengan menyelesaikan tantangan sehari bebas gula maka Anda dapat memulai tantangan yang lain yaitu hidup bebas gula sebagai pola hidup yang sehat. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Diet
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini