5 Cara Mudah dengan Bahan Rumahan untuk Atasi Luka Bakar

Selasa, 23 November 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Mudah dengan Bahan Rumahan untuk Atasi Luka Bakar Ilustrasi Luka Bakar. ©2021 Merdeka.com/Pexels.com-ron lach

Merdeka.com - Kecelakaan sehari-hari yang kita alami di rumah kadang merupakan hal yang tak terhindarkan. Hal ini termasuk pada saat kita memasak di dapur.

Kondisi tangan yang terkena luka bakar ringan merupakan salah satu hal yang kerap kita alami sehari-hari. Baik karena terpegang wajan yang tengah membara atau hal lainnya, luka bakar ringan ini sangat mungkin untuk kita alami.

Luka bakar ringan ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya namun cukup mengganggu dalam beraktivitas. Sayangnya, cara penanganan yang salah justru bisa membuat masalah ini jadi memburuk.

Berbeda dengan luka bakar berat yang memerlukan penangan khusus di rumah sakit, luka bakar ringan dapat kita atasi sendiri dengan bahan sederhana di rumah. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika mengalami luka bakar.

1. Madu

Madu mengandung banyak zat antiseptik di dalamnya serta berkhasiat untuk menyembuhkan. Mengoleskan madu pada luka bakar ringan akan membantu meredakan rasa terbakar dan meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari.

2 dari 3 halaman

Cuka dan Lidah Buaya

2. Cuka

Cuka juga seringkali digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan cuka pada kain, kemudian menggunakannya untuk mengompres luka bakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakit akibat luka bakar meningkat.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sudah teruji bisa meredakan luka bakar ringan. Lidah buaya tak hanya memberikan efek dingin dan mendinginkan, namun juga mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Potong-potong lidah buaya di bagian tengah, kemudian gunakan gel-nya pada luka bakar. Ulangi terus hingga luka bakar mengering.

3 dari 3 halaman

Minyak Lavender dan Kulit Pisang

dan kulit pisang

4. Minyak Lavender

Minyak lavender sangat berguna untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Coba campurkan minyak lavender, lidah buaya, dan oleskan pada luka bakar. Lakukan ini hingga rasa sakitnya berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga bisa meredakan rasa sakit akibat luka bakar dan membantunya lebih cepat sembuh.

5. Kulit Pisang

Kulit pisang yang diletakkan pada luka bakar bisa meredakan rasa sakitnya. Para ahli menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah hitam.

Sejumlah bahan alami tersebut bisa digunakan dan sangat mudah ditemui di rumah sehari-hari. Walau begitu, ketika luka bakar ini tak kunjung sembuh, maka sebaiknya kamu mencari pertolongan lebih lanjut ke dokter. [RWP]

Baca juga:
Cegah Demam Tifoid, Vaksinasi Bisa Dilakukan 3 Tahun Sekali
Ketahui Seberapa Sering Popok Anak Harus Diganti
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir
Kenali Perbedaan Adanya Nyeri Kronik dan Akut pada Lansia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini