5 Cara Melakukan Detox Digital demi Kesehatan Fisik dan Mental

Senin, 26 September 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Cara Melakukan Detox Digital demi Kesehatan Fisik dan Mental Ilustrasi menggunakan smartphone. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pada saat sekarang, penggunaan gawai dan ponsel merupakan sebuah hal yang sangat sulit dihindari. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, penggunaannya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita.

Baik untuk bekerja atau juga berhubungan di media sosial, penggunaan ponsel merupakan hal yang tidak dapat kita hindari. Hal yang sama juga dapat terjadi pada penggunaan gawai dan laptop.

Walau kerap kali kita butuhkan, namun penggunaan teknologi secara berlebihan setiap hari ini bisa menyebabkan masalah. Gangguan tidur serta aktivitas sehari-hari bisa kita alami akibat penggunaan ponsel dan gawai secara berlebihan ini.

Untuk mencegah munculnya dampak buruk tersebut, detox digital penting dilakukan dalam waktu tertentu.

"Detox digital berarti kamu beristirahat secara rutin dari berbagai tampilan digital. Tergantung dari pekerjaanmu, hal ini berarti kamu mengurangi penggunaan teknologi dan menyeimbangkan kehidupanmu," terang Dr. Samir Parikh, psikiater dan direktur Departemen Kesehatan Mental dan Perilaku, dari Fortis Healthcare, dilansir dari Healhtshot.

"Detox digital juga berarti menghindari penggunaan perangkat digital dalam waktu lama, seperti beristirahat sekitar 5-10 menit setiap jam pada saat bekerja atau beberapa jam setiap hari pada saat bekerja," sambungnya.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk melakukan detox digital secara sederhana. Dilansir dari Healthshot, berikut sejumlah cara sederhana detox digital yang bisa kamu lakukan.

1. Batasi Waktu Penggunaan

Menggunakan piranti digital dalam waktu yang lama telah menyebabkan sejumlah dampak pada tubuh kita. Cara paling sederhana dalam melakukan detox digital adalah dengan membatasi waktu penggunaannya secara tepat. Hindari menggunakan perangkat elektronik selama beberapa waktu selepas kerja untuk mengembalikan kondisimu.

2 dari 3 halaman

Istirahat dan Matikan Ponsel

2. Beristirahat

Estiap beberapa jam, pastikan untuk melakukan hal yang sama sekali tidak melibatkan perangkat digital. Seimbangkan aktivitasmu dengan kegiatan lain seperti membaca buku, berolahraga, serta bercengkerama secara langsung dengan orang lain.

3. Matikan Ponsel

Usai jam kerja berakhir, kamu bisa menonaktifkan ponselmu atau notifikasi pekerjaanmu. Kamu bisa memanfaatkan waktumu di malam hari ini untuk berisitirahat dan bercengkerama bersama keluarga dan teman-teman terdekatmu.

3 dari 3 halaman

Batasi Penggunaan Sebelum Tidur serta Lakukan Aktivitas Lain

4. Batasi Penggunaan sebelum Tidur

Penggunaan ponsel dan gawai sebelum tidur bisa sangat mengganggu siklus tidur yang kamu miliki. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi penggunaannya terutama pada waktu-waktu sebelum kamu tidur.

5. Fokus pada Aktivitas Lain

Usahakan melakukan aktivitas lain yang kamu sukai dan jangan terganggu oleh perangkat digital. Sebagai contoh, pada saat kamu berjalan atau memasak, sebisa mungkin atau hindari penggunaan ponsel.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk membersihkan diri dari ketergantungan penggunaan gawai. Dengan melakukannya, kualitas hidup yang kamu miliki bisa meningkat serta terhindar dari berbagai masalah. [RWP]

Baca juga:
Jaga Tubuh Tetap Bugar, Ini Cara Ideal yang Bisa Dilakukan
Ketahui Manfaat Olahraga demi Kesehatan Jiwa yang Prima
Waspadai Jenis Cedera yang Paling Rentan Dialami oleh Pelari
Gaya Hidup Sehat Penting Dilakukan demi Kesehatan Jantung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini