KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Cara cepat atasi rasa pedas di mulut

Senin, 26 November 2012 13:45 Reporter : Kun Sila Ananda
Ilustrasi cabai pedas. ©shutterstock.com/artjazz

Merdeka.com - Banyak orang yang suka makanan pedas, tetapi rasa pedas bisa jadi berlebihan dan menyebabkan perasaan terbakar pada mulut. Rasa terbakar ini sebenarnya disebabkan oleh senyawa bernama capsaicinoid. Lalu, bagaimana cara menghentikannya? Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini, seperti dilansir oleh About.com (19/03).

1. Minum susu
Ketika merasa kepedasan sebaiknya segera minum susu. Lemak yang terdapat dalam produk susu seperti yogurt juga mampu mengatasi sensasi terbakar dalam mulut akibat makanan pedas.

2. Nasi atau roti
Nasi atau roti mampu menyerap rasa terbakar yang diakibatkan oleh capsaicinoid. Ini akan meredakan kepedasan di mulut. Selain itu, pisang juga bisa membantu untuk meredakan rasa pedas yang Anda rasakan.

3. Minuman asam
Minuman lain seperti jus lemon dan jus tomat juga baik untuk mengatasi kepedasan. Asam yang terkandung dalam minuman tersebut bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa membantu.

4. Air gula
Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun Anda bisa mencoba air gula untuk menghilangkan rasa pedas dan mendinginkan mulut.

5. Minyak sayur
Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya untuk 'mencuci' mulut serta menghilangkan rasa terbakar. Akan lebih baik jika minyak tersebut dimasukkan lemari es supaya dingin.

Beberapa makanan dan minuman di atas bisa digunakan untuk mengatasi rasa terbakar pada mulut saat Anda kepedasan. Selamat mencoba! [kun]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.