5 Alasan kenapa suara bising buruk untuk kesehatan

Minggu, 1 Desember 2013 09:16 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Alasan kenapa suara bising buruk untuk kesehatan Ilustrasi wanita menutup telinga. ©Shutterstock.com/Olesia Bilkei

Merdeka.com - Suara bising telah mewarnai hidup Anda entah dari suara kendaraan, pesawat, kereta api, dan bahkan musik. Namun tahukah Anda bahwa suara bising ternyata berakibat buruk bagi kesehatan?

Berikut adalah 5 alasan kenapa suara bisik berakibat buruk bagi kesehatan Anda seperti dilansir dari magforwomen.com.

Mengganggu proses belajar
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terkena polusi suara akan mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini terjadi karena suara bising akan memecah konsentrasi mereka.

Susah tidur
Saat memulai tidur Anda membutuhkan suasana yang tenang dan tentu saja polusi suara dapat mengancam ketenangan Anda. Akibatnya Anda pun mengalami gangguan tidur yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Anda akan mendapatkan tinnitus
Tinnitus adalah gangguan suara di telinga yaitu suara yang mendengung. Hal ini terjadi karena dipicu oleh suara bising yang Anda dengarkan secara terus-menerus.

Meningkatkan tekanan darah
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa polusi suara juga dapat meningkatkan tekanan darah seseorang dan berakibat pada masalah jantung.

Penurunan kemampuan mengingat
Selain sulit berkonsentrasi, anak-anak yang terlalu sering mendengarkan suara bising juga akan mengalami kesulitan dalam mengingat.

Tingkat suara yang bisa ditoleransi oleh manusia adalah sebanyak 40 desibel. Sebaiknya hindari suara yang melebihi angka itu karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini