5 Alasan kenapa ngemil itu penting

Minggu, 29 September 2013 10:05 Reporter : Rizqi Adnamazida
5 Alasan kenapa ngemil itu penting Ilustrasi ngemil. ©Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Hampir semua orang suka ngemil. Sayangnya kebiasaan ini justru berujung pada ukuran pinggang yang makin melebar. Padahal jika mengonsumsi camilan yang menyehatkan, ngemil ternyata penting bagi tubuh. Simak alasan kenapa ngemil itu penting selengkapnya seperti yang dilansir dari Real Simple berikut ini.

Menyeimbangkan metabolisme

Peneliti menyebutkan kalau menjaga keseimbangan metabolisme bisa dilakukan dengan cara makan tiga kali dan ngemil dua kali sehari di antara jadwal makan. Jika metabolisme seimbang, pembakaran lemak akan sempurna dan kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap terjaga.

Tidak makan berlebihan

Makan berlebihan adalah salah satu penyebab kenapa seseorang mengalami lingkar pinggang yang membengkak. Namun dengan ngemil, kontrol terhadap nafsu makan akan tetap terjaga. Seperti berbagai penelitian yang telah dilakukan, makan porsi kecil jauh lebih baik dalam menjaga kerampingan tubuh.

Memenuhi vitamin

Ngemil adalah cara paling mudah dan nikmat untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang tidak diperoleh dari jadwal makan sehari-hari. Namun tentu saja makanan ringan yang dikonsumsi sebaiknya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Misalnya buah-buahan segar, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

Menjaga suasana hati

Ketika kadar gula dalam darah terlalu rendah, biasanya seseorang akan mudah marah dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasinya, ngemil makanan kesukaan bisa dilakukan setiap kali suasana hati mulai memburuk. Dengan begitu, gula darah akan kembali meningkat dan suasana hati semakin membaik.

Menghindarkan diri dari junk food

Ketika pulang dari kerja, rasa lapar dan tubuh yang lelah bergabung menjadi satu sehingga mendorong seseorang untuk segera makan. Namun karena malas memasak, akhirnya junk food jadi pilihan utama untuk makan malam. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika sebelum makan malam seseorang ngemil terlebih dahulu.

Itulah beberapa alasan kenapa ngemil itu penting. Tetapi jangan lupa untuk menikmati makanan ringan yang menyehatkan.

Baca juga:

Sebelum diet, wanita perlu tahu 5 hal ini

5 Kesalahan saat memasak yang bikin perut tambah buncit

Tidur, cara efektif untuk melawan obesitas

Mungkinkah untuk tetap langsing sepanjang waktu?

5 Trik membakar kalori dengan cepat [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pola Makan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini