KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

5 Aktivitas rutin ini membuat sulit tidur

Selasa, 21 Januari 2014 10:29 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi pasangan bertengkar. ©2012 Shutterstock/altafulla

Merdeka.com - Di saat tubuh lelah namun mata sulit terpejam adalah hal yang sangat menjengkelkan. Akibatnya Anda pun baru bisa tidur di atas jam 12 malam dengan kualitas tidur yang tidak baik. Padahal tidur merupakan saat yang baik untuk memulihkan tenaga Anda yang hilang dan mempersiapkan tenaga baru untuk memulai aktivitas keesokan harinya.

Namun siapa sangka bahwa aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari dapat membuat Anda sulit tidur?

Ngemil di malam hari
Rasa lapar yang menyerang di malam hari sangat menggoda Anda untuk ngemil. Namun ternyata hal tersebut adalah kebiasaan yang paling sulit membuat mata Anda untuk terpejam. Makan terlalu larut akan menyebabkan gangguan gastro esophageal reflux atau naiknya asam lambung. Gangguan ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Olahraga malam hari
Olahraga memang baik apabila dilakukan secara rutin. Namun melakukannya di malam hari akan meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme Anda. Akibatnya hal ini akan mengganggu waktu tidur sebab saat tidur Anda membutuhkan suhu tubuh yang lebih rendah untuk mencapai kualitas tidur yang baik.

Terlalu banyak nonton TV
Menonton TV akan membuat pikiran Anda bekerja keras sebab Anda berusaha untuk mencerna tayangan yang Anda lihat. Padahal sebelum tidur, hal yang Anda butuhkan adalah suasana yang tenang. Oleh karena itu hindari menempatkan TV di dalam kamar tidur Anda.

Bekerja lembur
Kerja lembut membuat Anda stres dan tegang yang akhirnya berdampak pada insomnia dan kehilangan nafsu makan. Dan tentu saja, hal ini akan membuat Anda sulit tidur.

Berbicara terlalu banyak
Siapa sangka berbicara terlalu banyak terutama apabila berujung dengan argumen dapat membuat Anda sulit tidur? Oleh karena itu hindari untuk beradu argumen dengan pasangan Anda yang malah pada akhirnya juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Banyak aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari yang secara tidak langsung akan mengganggu tidur Anda. Hindari melakukan aktivitas terlalu berat dan menuntut otak Anda bekerja keras sebelum tidur sebab akan menyebabkan Anda insomnia. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.