KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

4 Peringatan dini saat sel kanker menyerang kesehatan usus

Senin, 19 Juni 2017 15:29 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi buang air. ©Shutterstock/Fussypony

Merdeka.com - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah ini sangat terkenal di dunia kesehatan. Mencegah bisa termasuk menghindari faktor penyebab penyakit atau mengenali sejak dini gejala dari serangan sebuah penyakit. Hal ini berlaku pula pada kanker usus.

Ingin tahu gejala apa saja saat kanker usus menyerang kesehatanmu? Dilansir dari prevention.com, ini tandanya.

Wasir
Sembelit yang berkepanjangan dan berakibat dengan munculnya wasir adalah tanda awal dari kanker usus. Apalagi jika kamu merasa bahwa konsumsi seratmu sudah memadai namun sembelit masih saja terjadi.

Pendarahan
Wasir yang disertai dengan pendarahan juga bisa mengindikasikan kanker usus. Sebabnya pendarahan ini terjadi karena penyumbatan di susu besar sehingga kotoran mendesak untuk keluar dan terjadi pendarahan.

Perut kram
Sering mengalami perut kram, terutama di bagian bawah? Selain karena munculnya gas, perut kram disertai rasa sakit tidak biasa adalah salah satu tanda awal dari kanker usus.

Kotoran bertekstur seperti pasta
Saat muncul halangan keluarnya kotoran dari usus besar, hal ini mengubah tekstur tinja jadi seperti pasta. Jika kamu mengalami gejala ini selama beberapa hari, sebaiknya segera periksakan kondisi pencernaanmu. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.