4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing

Senin, 7 Januari 2019 16:23 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing Ilustrasi buang air. ©Shutterstock/Fussypony

Merdeka.com - Terkadang sering kali dialami oleh orang kondisi nyeri pada saluran kencing. Terjadinya hal ini sebaiknya tidak diremehkan karena bisa jadi merupakan sinyal dari berbagai kondisi mulai dari infeksi ringan atau bahkan kondisi yang lebih serius seperti kanker.

Dilansir dari everydayhealth.com, berikut berbagai kondisi yang mungkin dialami jika kamu mengalami nyeri pada saluran kencing.

Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih kadang-kadang juga disebut infeksi kandung kemih. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Pasalnya, uretra wanita lebih dekat ke daerah-daerah yang dihuni banyak bakteri alami (seperti anus dan vagina). Uretra wanita juga lebih pendek daripada uretra pria.

Sistitis interstisial

Sistitis interstisial adalah bentuk parah dari sindrom nyeri kandung kemih. Bisul atau perubahan jangka panjang lainnya pada dinding kandung kemih mungkin menjadi penyebab dari sistitis interstisial.

Sistitis interstisial ini tidak disebabkan oleh infeksi, meskipun gejalanya hampir mirip. Sementara penyebab dari kondisi ini belum bisa dipahami sepenuhnya, salah satu teori mengatakan bahwa kondisi tersebut mungkin terkait dengan peradangan.

Perubahan pada sistem reproduksi

Nyeri pada kandung kemih wanita juga bisa dipicu oleh penipisan kulit. Kondisi itu disebut atrofi dan itu sering terjadi saat menopause.

Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih jarang terjadi, terutama pada wanita. Gejala yang paling umum adalah darah dalam urine, selain itu beberapa wanita juga mengalami nyeri, sensasi terbakar ketika buang air kecil. Pengobatan untuk kanker kandung kemih meliputi operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi.

Lain kali kamu mengalami kondisi nyeri di saluran kencing atau pada sekitar panggul dan perut bagian bawah, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini