4 Masalah Psikologis yang Buat Kamu Gagal dalam Menurunkan Berat Badan

Senin, 30 Desember 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Masalah Psikologis yang Buat Kamu Gagal dalam Menurunkan Berat Badan Ilustrasi obesitas. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Dalam menurunkan berat badan, terdapat sejumlah hal yang penting untuk kamu ketahui dan lakukan. Olahraga serta pola makan yang tepat merupakan hal yang dianggap penting dalam menurunkan berat badan.

Walau begitu, terdapat beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi usahamu untuk menurunkan berat badan ini. Salah satunya adalah kondisi mental dan psikologis yang kamu miliki.

Munculnya masalah dalam pikiran ini mungkin terjadi salah satunya adalah karena berat badan yang tak kunjung turun. Berat badan yang tak kunjung turun walau telah melakukan berbagai macam hal bisa membuatmu mengalami masalah dalam pikiran.

Hal ini juga berdampak secara langsung pada usahamu untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah masalah psikologis yang bisa sebabkan gangguan untukmu ketika menurunkan berat badan.

1 dari 4 halaman

Target yang kamu Miliki Tak Realistis

Memiliki target berat badan yang tak realistis merupakan salah satu kesalahan utama ketika kamu menurunkan berat badan. Target yang tak realistis ini bisa membuatmu kecewa pada akhirnya serta kehilangan motivasi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mulai dengan memiliki target masuk akal dalam menurunkan berat badan.

2 dari 4 halaman

Kurang Berkomitmen

Rasa malas merupakan faktor yang bisa memperlambat usahamu dalam menurunkan berat badan. Kurangnya komitmen untuk olahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat bisa membuat upayamu menurunkan berat badan jadi gagal total.

3 dari 4 halaman

Kurang Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya bisa menyebabkan upayamu untuk menurunkan berat badan menjadi sulit dilakukan. Walau kamu memiliki berat badan yang memang besar, sebaiknya tetap percaya diri bahwa kamu bisa menurunkan berat badan sesuai target.

4 dari 4 halaman

Terlalu Stres

Stres merupakan satu hal lagi yang menjadi alasan kamu kesulitan dalam menurunkan berat badan. Stres bisa membuatmu mengonsumsi makanan tak sehat sehingga memperlambat upayamu dalam menurunkan berat badan.

Berbagai masalah psikologis tersebut bisa menjadi penghambat yang kamu alami dalam menurunkan berat badan. Pastikan kamu terlepas dari semua hal tersebut agar dapat menurunkan berat badan dengan tepat dan sesuai target. [RWP]

Baca juga:
Minum Kopi dan Teh Secara Teratur Bisa Jadi Cara Cegah Bertambahnya Berat Badan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini