4 Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan, Mudah Dilakukan di Rumah

Rabu, 17 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan, Mudah Dilakukan di Rumah Ilustrasi naik tangga. ©Shutterstock/Galina Barskaya

Merdeka.com - Berolahraga dan beraktivitas fisik merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan secara rutin. Sayangnya, kadang waktu yang terbatas menyebabkan kita jadi enggan untuk berolahraga.

Pada mereka yang terlalu sibuk untuk berolahraga, beberapa aktivitas fisik bisa dilakukan sebagai gantinya. Hal ini termasuk dengan sejumlah aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara mudah di rumah.

Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah atau di manapun dan memiliki manfaat sehat adalah naik-turun tangga. Aktivitas ini bisa memiliki berbagai manfaat kesehatan yang sangat kita butuhkan untuk beraktivitas sehari-hari terutama seiring bertambahnya usia.

"Walau kamu bisa menggunakan pegangan tangga untuk membantu, aktivitas fisik dari naik tangga ini meningkatkan keseimbangan karena kamu butuh untuk tetap seimbang saat satu kaki diangkat dan satu kaki lagi di bawah serta selanjutnya," terang Laura Flynn Endres, CPT, personal trainer asal California yang biasa bekerja dengan lansia.

Untuk menjadikan naik tangga sebagai olahraga, kamu perlu melakukannya secara bertingkat dan mulai dari hal kecil terlebih dahulu. Agar dampaknya lebih terasa, penting juga untuk berpegangan dan lakukan hal ini secara rutin.

"Dari sana kemudian lakukan dengan langkah yang lebih lebar, naik tangga tanpa berpegangan, mengganti kaki, melakukannya berulang pada satu kaki dan lain sebagainya," terangnya.

Secara umum, terdapat sejumlah dampak positif yang bisa kamu peroleh dari menjadikan naik tangga sebagai aktivitas fisik ini. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah dampak positif yang bisa kamu peroleh.

2 dari 5 halaman

1. Menguatkan Tubuh Bagian Bawah

Gerakan naik tangga akan menggerakkan pinggul, lutut, dan persendian. Selain itu, gerakkan ini juga bisa memperkuat berbagai otot di kaki.

Dampak dari naik tangga ini juga bisa baik bagi pinggul dan kelenturannya karena kaki terbuka cukup lebar. Hal yang sama juga bisa terjadi pada punggung bagian bawah serta paha bawah terutama ketika tumit terangkat pada saat kamu naik tangga.

Sejumlah otot ini penting untuk terus diperkuat terutama seiring bertambahnya usia. Pasalny, hilangnya massa otot seiring usia bisa meningkatkan risiko terjatuh.

3 dari 5 halaman

2. Menjaga Mobilitas Tubuh

mobilitas tubuh

Mobilitas merupakan hal yang semakin penting seiring bertambahnya usia. Pada saat memasuki usia senja, gerakan dan mobilitas yang tubuh bisa membantu untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Olahraga untuk meningkatkan mobilitas merupakan hal yang penting untuk menjaga agar gerakan ini tetap bisa dilakukan secara normal seiring bertambahnya usia.

"Naik tangga bisa meningkatkan mobilitas karena hal ini membutuhkan gerakan dari sendi, lutut, serta pinggul. Olahraga ini cukup dinamis dan membutuhkan tenaga, keseimbangan, serta kekuatan," terang Endres.

"Walau naik tangga mungung tidak secara khusus meningkatkan kelenturan, namun gerakan-gerakan yang dilakukan ini sangat diperlukan untuk menjaga kelenturan kita," sambungnya.

4 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Naik tangga bisa membuat detak jantung kita berubah menjadi lebih cepat. Hal ini bisa membuat naik tangga ini sebagai olahraga kardio yang memperkuat janting dan meningkatkan kapasistas aerobik.

Berdasar penelitian yang dilakukan pada tahun 2019, terbukti bahwa naik tangga bisa membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Dampak ini sungguh sangat luar biasa terutama karena aktivitas ini bisa dilakukan dengahn mudah di rumah.

penelitian lain menyebutkan bahwa naik turun tangga bisa setara dengan berjalan satu mil atau 1,8 kilometer. Dampak ini bisa muncul ketika seseorang naik turun tangga setinggi tujuh lantai.

5 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

kepadatan tulang

Aktivitas fisik dan olahraga yang kita lakukan bisa berdampak tak hanya pada otot namun juga tulang. Semakin banyak berolahrga, semakin kuat tulang yang kita miliki.

Naik tangga bisa membuat kita melawan gravitasi sehingga membuat tulang menjadi lebih menguat. Dampak dari tulang yang seakin kuat ini adalah mencegah risiko osteoporosis yang biasanya semakin rentan muncul seiring bertambahnya usia. [RWP]

Baca juga:
Cara Mencegah Terjadinya Pikun sebelum Usia Tua secara Menyenangkan
Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Sebelum Melakukan Olahraga Pagi
Ingin Mulai Berlari, Ini Hal yang Bisa Mulai Dilakukan Pemula

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini