4 Manfaat daun mint untuk kesehatan

Rabu, 5 November 2014 16:22 Reporter : Kun Sila Ananda
4 Manfaat daun mint untuk kesehatan Ilustrasi daun mint. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/ittipon

Merdeka.com - Semua orang tentu sudah tak asing dengan daun mint. Selama ini mint diketahui memiliki bau khas yang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan napas atau mencegah bau mulut. Namun selain itu, daun mint juga menyimpan beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan.

Mint bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan sangat cocok jika dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan daun mint, seperti dilansir oleh Boldsky (05/11).

1. Alergi

Tanaman mint mengandung antioksidan yang disebut rosmarinic acid. Asam ini efektif untuk meredakan gejala alergi musiman.

2. Mengatasi pilek

Mint mengandung menthol. Sementara menthol adalah bahan alami yang bisa mengeluarkan lendir dan membersihkan saluran udara. Dengan begitu, daun mint bisa membantu melegakan pernapasan saat pilek.

3. Masalah pencernaan

Manfaat lain dari daun mint adalah melancarkan aliran cairan empedu pada perut. Ini akan mempercepat penyembuhan masalah pencernaan.

4. Morning sickness

Mint juga cocok sebagai sahabat wanita hamil. Daun mint bisa meredakan mual yang berkaitan dengan morning sickness yang seringkali dialami ibu hamil.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan mint untuk dikonsumsi sehari-hari? Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi mint.

- Anda bisa menambahkan mint pada telur saat membuat omelet. Cincang daun mint kemudian tambahkan pada telur sebelum dimasak.

- Mint juga bisa dicampur dalam salad untuk menambahkan rasa dan aroma yang khas serta menyegarkan.

- Jika Anda penggemar teh, mint juga bisa dicampur dengan teh. Tambahkan daun mint pada teh dan biarkan beberapa menit. Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pengganti gula agar lebih sehat.

- Mint bisa ditambahkan pada air es untuk menambahkan rasa dan kesegaran. Ini akan mendinginkan perut ketika sedang bermasalah.

Itulah beberapa manfaat daun mint dan cara penggunaannya untuk kesehatan. Tunggu apalagi? Coba tambahkan daun mint dengan cara di atas dan rasakan manfaatnya sendiri! [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini