4 Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Asupan Sel Darah Merah dalam Tubuh

Minggu, 17 Mei 2020 13:29 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Asupan Sel Darah Merah dalam Tubuh Ilustrasi sel darah. ©2012 Merdeka.com/shutterstock/fusebulb

Merdeka.com - Sel darah merah memiliki peran yang cukup besar dalam kinerja tubuh seseorang. Ketika sel darah merah di dalam tubuh jumlahnya kurang, sejumlah efek bakal dialami oleh tubuh.

Kondisi kurangnya sel darah merah ini bisa menyebabkan terjadinya anemia dan mudah lelah. Sejumlah hal bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini.

Salah satu hal yang menyebabkannya adalah pola makan yang buruk. Oleh karena itu, konsumsi sangat penting untuk mencegah masalah ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu jumlah sel darah merah meningkat.

1 dari 4 halaman

Sayuran Berdaun Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan terutama yang berkaitan dengan kesehatan darah. Pasalnya, sayuran ini kaya dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk memompa produksi sel darah merah.

Salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi adalah bayam. Vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara maksimal.

2 dari 4 halaman

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya dengan zat besi di dalamnya. Zat ini mampu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh sehingga membuat kamu terhindar dari anemia.

3 dari 4 halaman

Sayuran Sejenis Kubis

Kubisa dan sayuran sejenisnya seperti kembang kol dan brokoli memiliki kandungan yang membuatnya memiliki manfaat ini. Sayur-sayuran ini mengandung zat alami yang baik untuk meningkatkan jumlah darah.

4 dari 4 halaman

Tahu

Tahu merupakan makanan yang diolah dari kedelai. Hal ini membuatnya tinggi dengan kandungan zat besi yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sekitar 170 gram tahu mengandung 6 mg zat besi.

Kondisi kurangnya sel darah darah bisa memicu sejumlah masalah kesehatan lain. Konsumsi sejumlah makanan di atas bisa membuatmu terhindar dari masalah ini. [RWP]

Baca juga:
Bekerja di Rumah Buat Mata Cepat Lelah, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya
Dokter Anak Sarankan Orangtua untuk Ajarkan Puasa Secara Bertahap

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini