4 Makanan yang bisa dimakan bersama kulitnya

Jumat, 23 Agustus 2013 09:03 Reporter : Rizqi Adnamazida
4 Makanan yang bisa dimakan bersama kulitnya Ilustrasi apel. ©Shutterstock/Alexander Image

Merdeka.com - Beberapa makanan hanya bisa dinikmati bagian dagingnya saja. Sementara biji dan kulit biasanya dibuang. Namun beberapa makanan seperti yang dilansir dari Care2 ini bisa dimakan bersama kulitnya. Simak selengkapnya.

Almond

Ketika menikmati kacang almond, sebaiknya jangan membuang kulitnya. Sebab kulit kacang almond mampu merangsang kinerja bakteri dalam usus yang melancarkan pencernaan. Penelitian bahkan menyebutkan kalau kulit almond mengandung flavonoid dan vitamin E yang berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Jeruk

Meski tidak secara langsung dinikmati bersama kulit, namun 'baju' buah jeruk bisa diparut dan dicampur ke dalam makanan penutup. Kulit jeruk akan menambah cita rasa masakan. Selain itu, kulit buah jeruk juga mengandung serat empat kali lipat lebih banyak daripada dagingnya. Penelitian pun pernah membuktikan bahwa kulit jeruk punya senyawa alami yang melawan kanker.

Apel

Buah lain yang bisa dimakan bersama kulitnya adalah apel. Sebab sudah banyak penelitian yang mengklaim kalau kulit apel ampuh menurunkan kolesterol, lemak dalam darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, serta obesitas. Kulit apel juga menguatkan otot dan membantu proses penurunan berat badan.

Bawang bombai

Makanan yang satu ini cukup mengejutkan, karena tak banyak orang yang tahu kalau bawang bombai bisa dimakan bersama kulitnya. Penelitian pernah membuktikan bahwa kulit bawang bombai mengandung flavonoid, anti inflamasi, dan antioksidan tinggi. Jadi ketika menggunakan bawang bombai untuk memasak, jangan buang bagian kulitnya.

Itulah beberapa makanan yang bisa dimakan bersama kulitnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

6 Khasiat sehat minum susu kedelai

Cegah gigi berlubang dengan minum susu setiap pagi

Dibanding susu skim, susu murni lebih baik untuk anak

Minum susu tidak selalu menyehatkan tubuh?

Susu organik, lebih sehat karena tanpa antibiotik [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini