4 Jenis Olahraga yang Paling Baik Dilakukan ketika Kamu Sedang Stres

Rabu, 26 Oktober 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Jenis Olahraga yang Paling Baik Dilakukan ketika Kamu Sedang Stres Ilustrasi olahraga. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Warren Goldswain

Merdeka.com - Besarnya masalah sehari-hari yang kita alami bisa membuat munculnya kondisi stres dalam diri kita. Hal ini semakin rentan terutama di masa pandemi yang serba tak menentu saat ini.

Kondisi stres yang kamu alami ini bisa menyebabkan berbagai masalah yang kamu alami pada diri. Hal ini bisa berujung berbagai masalah lain yang lebih berat.

Penelitian membuktikan bahwa berolahraga bisa menjadi cara untuk mengatasi stres yang kamu alami. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk dilakukan secara teratur.

"Stres merupakan kombinasi dari kecemasan -ketakutan terhadap hal yang tidak diketahui- dan depresi -rasa sakit yang ada di dalam diri. Olahraga merupakan cara untuk melepaskan tekanan," terang psikolog olahraga Jarrod Spencer, PhD.

"Bagi banyak orang, ketika mereka berolahraga, mereka membantu mengeluarkan stres emosi keluar dari tubuh. Olahraga bisa membuatmu berpikir dan memproses informasi dalam tingkat sangat tinggi," sambungnya.

Dalam melakukan olahraga ini, seseorang tidak harus melakukannya dalam intensitas tinggi untuk memperoleh hasil positif. Kamu bisa melakukannya secara ringan untuk menerima manfaat dari olarhaga ini.

Hal yang paling penting dalam melakukannya adalah dengan konsistensi yang tepat. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah olahraga yang bisa dilakukan untuk melepas stres secara efektif.

2 dari 5 halaman

Peregangan

4 jenis olahraga yang paling baik dilakukan ketika kamu sedang stres

Stres bisa berdampak terhadap otot tubuh. Terutama jika hal ini berupa otot yang tegang di leher atau punggung akibat kamu terlalu lama dan lelah bekerja.

Ketika kamu melepaskan ketegangan di otot melalui peregangan, stres emosi yang kamu alami juga bisa berkurang. Menurut Harvard Health Publishing, manfaat ini bisa kamu peroleh dengan melakukan peregangan selama 10 menit sebanyak 3 hingga 4 menit seminggu.

Lakukan peregangan ini pada area tubuh yang paling kaku. Jika hal ini terjadi di banyak bagian, fokus pada pundak, leher, tumit, serta pinggang untuk menghilangkan rasa kaku.

3 dari 5 halaman

Yoga

4 jenis olahraga yang paling baik dilakukan ketika kamu sedang stres

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa meringankan stres serta meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperkuat dan menyeimbangkan tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada Februari 2019 mengungkap bahwa melakukan yoga tiga kali seminggu selama empat minggu bisa meringankan stres dan mengangkat mood. Kamu bisa melakukan beragam gerakan yoga dan sebaiknya mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu.

Dari sini kamu bisa memulai rutinitasmu untuk melakukan yoga ini.

4 dari 5 halaman

Berjalan

4 jenis olahraga yang paling baik dilakukan ketika kamu sedang stres

Berjalan merupaan salah satu olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan. Olahraga ini juga diketahui bisa meringankan stres, memperkuat otot, serta meningkatkan kondisi kardiovaskular dalam waktu bersamaan.

Penelitian pada Mei 2018 di Behavioral Sciences mengungkap bahwa berjalan berhubungan dengan hormon kortisol yang berhubungan dengan hormon. Olahraga ini juga bisa membantu seseorang mengatasi stres emosional terutama ketika mereka berjalan di alam bebas.

Untuk menghilangkan stres, kamu juga butuh pakaian dan sepatu yang nyaman saat berolahraga. Selain itu tentukan jalur berjalan yang tepat dan jangan terlalu memaksa tubuh.

5 dari 5 halaman

Berlari

4 jenis olahraga yang paling baik dilakukan ketika kamu sedang stres

Ketika mengalami masalah besar, kamu pasti berharap agar bisa berlari dari persoalan. Menurut pengetahuan, berlari ternyata memang bermanfaat untuk menurunkan stres.

Olahraga seperti lari melepaskan kandungan kimia yang menenangkan pada otak. Berlari bisa membantu membersihkan pikiran dengan mudah.

Jika kamu seorang pemula dalam berlari, sebaiknya lakukan secara perlahan dan jangan memaksa. Selain itu lakukan berlari dan berjalan secara bergantian agar tidak terlalu memaksakan diri. [RWP]

Baca juga:
Ingin Mulai Lakukan Maraton, Ini Tips untuk Melakukan Persiapannya
Jaga Tubuh Tetap Bugar, Ini Cara Ideal yang Bisa Dilakukan
Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Celana Dalam Seamless Sintetis

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini