4 Jenis nasi yang sehat untuk tubuh

Sabtu, 2 Februari 2013 10:34 Reporter : Destriyana
4 Jenis nasi yang sehat untuk tubuh Ilustrasi nasi merah. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Nixx Photography

Merdeka.com - Nasi adalah makanan pokok bagi hampir sebagian besar penduduk Indonesia. Makan tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran nasi. Tetapi, banyak dari mereka yang melakukan diet merasa nasi tidak sehat karena dapat menambah berat badan. Menurut Konsultan Gizi dan Diet, Mittal Shilpa, "Beras adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin D, kalsium, fosfor, serat dan zat besi. Makanan ini benar-benar sehat dan bergizi ketika dimasak dengan metode yang tepat."

Nah, jika dipersiapkan dengan metode memasak yang tepat, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari nasi lho. Berikut adalah empat jenis beras yang baik untuk kesehatan, seperti dilansir Boldsky.

1. Wild rice atau padi liar

Ini adalah jenis beras yang sangat sehat. Padi jenis ini juga tumbuh di Amerika Utara dengan rasa dan aroma yang khas. Padi liar memiliki indeks glikemik rendah dibanding beras putih, serta mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Beras jenis ini juga digunakan sebagai obat alami untuk mengontrol kadar gula darah.

2. Beras merah

Beras jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan lapisan berwarna cokelat di atasnya, yang disebut sekam. Beras merah kaya akan tiamin (vitamin B), niacin, vitamin B6 dan K, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat dan protein yang membantu mengendalikan gula darah dan kolesterol. Selain itu, beras ini juga kaya serat, mudah dicerna dan bermanfaat untuk menyembuhkan bisul, diare, penyakit usus.

3. Beras hitam China

Beras yang juga dikenal sebagai 'Forbidden Rice' di China, ini memiliki sekam yang dihilangkan untuk membuat nasi terlihat putih. Beras hitam kaya akan zat besi, serat, antioksidan dan anthorcyanin (agen anti-kanker).

4. Beras merah Bhutan

Beras ini memiliki rasa manis yang cukup kuat. Ragi merah ditanam pada beras putih dan kemudian dihaluskan. Beras merah sangat bergizi karena mengandung monacolins yang dikenal dapat membatasi sintesis kolesterol. Beras ini juga dapat menurunkan kolesterol, kadar LDL, dan trigliserida. Namun, ada beberapa alasan medis yang membuat ibu hamil atau menyusui sebaiknya menghindari beras jenis ini.

Inilah empat jenis beras yang baik untuk kesehatan. Pengolahan yang tepat membuat nasi menjadi lebih sehat. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini