4 Istilah label makanan yang wajib diketahui

Sabtu, 27 September 2014 15:21 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
4 Istilah label makanan yang wajib diketahui Ilustrasi label tanggal kadaluwarsa. Shutterstock/fullempty

Merdeka.com - Kecuali makanan alami, makanan olahan dan diproduksi massal memiliki label makanan yang berfungsi untuk memberitahu Anda tentang kandungan apa saja yang terdapat dalam makanan tersebut serta tanggal produksinya. Disadari atau tidak, terkadang ada banyak kebingungan yang berkaitan dengan tanggal kedaluwarsa pada label makanan yang bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Berikut adalah beberapa istilah tentang label kedaluwarsa makanan yang wajib untuk Anda ketahui seperti dilansir dari healthmeup.com.

"Sell before" date

Sebenarnya label ini ditujukan pada penjual bukan kepada konsumen. Label ini memberitahukan kapan produk tersebut harus dipajang untuk dijual dan harus dibeli sebelum memasuki tanggal tersebut.

"Use before" date

Label ini menunjukkan kapan saat yang tepat untuk menggunakannya. Sebab ketika Anda menggunakan atau mengonsumsinya pada tanggal tersebut, maka pada saat itulah puncak dari kematangan makanan ini. Label ini sendiri ditulis oleh produsen.

"Best before" date

Label makanan ini sebenarnya hanya untuk menunjukkan kualitas dari makanan tersebut, bukan tingkat keamanannya. Jika Anda akan mengonsumsi makanan lewat tanggal tersebut, bukan berarti Anda harus membuangnya. Tanggal ini hanya menunjukkan kapan masa kualitas terbaik dari makanan itu.

"Expiration" date

Label ini jelas menunjukkan kapan masa terakhir makanan tersebut harus dikonsumsi.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan label makanan. Semoga bermanfaat! [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Tips Sehat
  4. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini