4 Hal Yang Harus Diperhatikan Kala Kembali WFO Setelah Lama WFH

Kamis, 25 November 2021 20:15 Reporter : Dwi Zain Musofa
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Kala Kembali WFO Setelah Lama WFH protokol kesehatan di kantor pelayanan. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun di Indonesia. Seiring dengan menurunnya level PPKM di berbagai wilayah di tanah air, banyak kantor mulai kembali menerapkan kebijakan WFO (Work From Office).

Masa WFH (Work From Home) yang cukup lama membuat transisi dari WFH ke WFO sering menimbulkan kendala. Ritme WFH yang memiliki pola bangun tidur, makan, jam kerja yang flesibel membuat Anda harus beradaptasi ketika ingin kembali WFO.

Ritme tersebut justru berkebalikan dengan WFO yang menuntut Anda untuk bangun lebih awal, mengeluarkan banyak energi untuk melakukan perjalanan dari rumah menuju kantor atau tempat kerja. Selain itu, jadwal makan dan istirahat pun tak ayal akan berubah.

Transisi dari WFH ke WFO bakal membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan energi. Oleh karena itu, bagi Anda yang bakal kembali WFO, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar transisi dari WFH bisa berjalan dengan lancar.

2 dari 4 halaman

Melakukan olahraga fisik

Ritme WFH yang cenderung santai dan minim aktivitas fisik membuat kondisi otot tubuh jadi melemah dan menurunkan kebugaran tubuh. Kondisi ini bakal diperparah jika Anda tidak menerapkan pola makan sehat dan ideal. Hal ini berpotensi membuat Anda kehilangan massa otot karena kurang gerak dan membuat munculnya potensi jantung dan paru-paru yang melemah.

Hal di atas tentu akan menghambat Anda ketika kembali WFO yang menuntut lebih banyak aktivitas fisik sehingga bisa membuat mudah letih dan mengganggu produktivitas di tempat kerja. Agar transisi WFH ke WFO berjalan lancar, sebaiknya Anda perlu berolahraga secara bertahap untuk mengembalikan stamina dan massa otot seperti sebelum pandemi.

Melansir dari American College of Sport Medicine (ACMS), manusia dianjurkan berolahraga minimum 30 menit setiap harinya untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukan olahraga ringan dengan durasi setengah jam seperti jalan cepat atau jogging.

3 dari 4 halaman

Perhatikan kesehatan kulit

WFH yang membuat Anda jarang keluar rumah, menjadikan kesehatan dan kebersihan kulit kurang terjaga. dr Kevin Andrian lulusan Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya Jakarta menyebutkan pandemi menciptakan masalah kulit bernama "skindemi". Kondisi ini tercipta akibat pemakaian masker yang terlalu lama sehingga menyebabkan kulit menjadi kusam, kemerahan, gatal, dan mudah berjerawat.

Skindemi akan semakin memburuk jika sering membuka tutup masker kala beraktivitas. Hal ini disebabkan wajah di sekitar masker rawan terpapar kuman. Selain itu, penggunaan masker dalam waktu lama juga membuat pori-pori mudah tersumbat dan berpotensi menjadi tempat bakteri dan kuman berkembang biak.

Oleh karena itu, pastikan diri Anda menggunakan masker yang bersih ketika berangkat kerja dan pakailah masker dengan cara yang benar. Jangan lupa cuci muka selepas beraktivitas dan jangan sering membuka dan tutup masker kala beraktivitas.

4 dari 4 halaman

Utamakan prokes dan berhenti merokok

WFO yang mengharuskan Anda beraktivitas di luar rumah juga membuat Anda harus lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak baik saat di angkutan umum maupun dengan rekan kerja saat berada di ruangan kantor.

Anda juga perlu memperhatikan kapasitas gedung atau tempat Anda bekerja agar jaga jarak bisa dilakukan dengan maksimal. Untuk menerapkan hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi tracing PeduliLindungi

Selain itu, agar tubuh tetap bugar dan sehat selama masa transisi dari WFH ke WFO, langkah lain yang bisa dilakukan dengan berhenti merokok. Selain kandungan rokok yang berbahaya bagi kesehatan, aktivitas merokok juga bisa menjadi media perpindahan bakteri dan virus dari tangan perokok ke mulut.

Aktivitas merokok juga menciptakan risiko berbagi penyakit yang disebabkan Anda harus melepas masker dan asap pembakaran rokok yang bisa terhirup orang lain.

Sumber: antaranews.com

[dzm]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Lawan Covid 19
  3. Covid 19
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini