4 Hal ini Bisa Picu Meledaknya Gelombang 3 Covid-19 Di Indonesia

Sabtu, 20 November 2021 21:13 Reporter : Dwi Zain Musofa
4 Hal ini Bisa Picu Meledaknya Gelombang 3 Covid-19 Di Indonesia Ilustrasi Covid-19. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan gelombang ketiga Covid-19 pasti terjadi. Ada empat hal yang bisa memicu gelombang ketiga Covid-19.

Meski saat ini kasus positif harian di Indonesia tergolong rendah, namun potensi munculnya gelombang ketiga masih besar seiring makin meningkatnya aktivitas masyarakat di luar rumah.

Siti Nadia Tarmizi menyebutkan jika faktor pertama yang bisa memacu gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia adalah pola penyebaran Covid-19 yang bersifat fluktuatif tergantung pergerakan masyarakat. Selain itu, masih rendahnya cakupan vaksinasi jadi faktor kedua yang bisa memicu gelombang ketiga.

Siti juga mengungkapkan jika varian Delta yang masih mendominasi di Indonesia bisa memicu naiknya kembali kasus positif jika masyarakat mulai melonggarkan penerapan protokol kesehatan pada kegiatan sehari-hari.

Menjelang akhir tahun, mobilitas penduduk yang meningkat dikarenakan perayaan Natal dan tahun baru juga jadi faktor keempat yang bisa memacu gelombang ketiga. Oleh karenanya, jika tidak ingin gelombang 3 COvid-19 terjadi di tanah air dan PPKM kembali diterapkan, maka tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, di momen akhir tahun sebaiknya Anda tetap membatasi aktivitas di luar rumah jika tidak perlu.

[dzm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini