4 Cara untuk Cegah Dirimu Kelebihan Konsumsi Gula pada Kehidupan Sehari-Hari

Selasa, 19 Mei 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Cara untuk Cegah Dirimu Kelebihan Konsumsi Gula pada Kehidupan Sehari-Hari Ilustrasi gula. ©Pixabay

Merdeka.com - Bagi banyak orang, konsumsi asupan gula yang mereka perileh setiap hari merupakan hal yang penting. Hal ini terutama harus diperhatikan pada seseorang yang mengidap diabetes.

Kondisi pandemi dan di rumah saja pada saat ini membuat konsumsi gula ini menjadi semakin tak terhindarkan. Kelebihan gula ini bisa berdampak buruk terutama pada mereka yang mengidap diabetes.

Keinginan untuk mengonsumsi gula berlebih ini bisa muncul dalam berbagai bentuk. Hal ini bisa berupa konsumsi makanan manis atau minuman kemasan dengan kadar gula yang tinggi.

Tingginya konsumsi gula yang diperoleh bisa sangat berpengaruh terutama pada masa-masa seperti sekarang. Hal ini ditambah dengan kurangnya gerak serta olahraga sehari-hari.

Oleh karena itu, kita perlu mengontrol keinginan untuk mengonsumsi gula secara berlebihan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara yang bisa kamu terapkan untuk mencegah konsumsi gula berlebih pada kehidupan sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Konsumsi Makanan Berkadar Glikemik Rendah

Keinginan mengonsumsi gula secara berlebih bisa terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh tidak seimbang. Untuk menjaga kadar gula darah ini, penting untuk mengonsumsi makanan hanya saja pastikan memiliki kadar glikemik rendah.

Makanan dengan kadar glikemik rendah bisa membantu melepaskan tenaga secara perlahan sepanjang hari dan tidak menyebabkan energi memuncak. Makanan jenis ini yang bisa kamu konsumsi berupa sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, serta krbohidrat kompleks seperti oats dan beras coklat.

2 dari 4 halaman

Kendalikan Tingkat Gula Darah dengan Kromium

gula darah dengan kromium

Seperti disebut sebelumnya, keinginan mengonsumsi makanan manis memiliki hubungan langsung dengan reendahnya kadar gula darah. Jika kamu mengalami keinginan mendadak untuk mengonsumsi makanan manis, hal ini juga bisa disebabkan rendahnya konsumsi kromium pada makananmu.

Kamu bisa memilih makanan tinggi kromium untuk mencegah keinginan mengonsumsi gula dalam kadar tinggi. Kandungan ini bisa diperoleh pada apel, brokoli, jamur, asparagus, makanan berbahan gandum, serta jus anggur.

3 dari 4 halaman

Pilih Makanan Bebas Gula

Konsumsi gula tak hanya membuatmu menjadi gemuk namun juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Califronia menyebut bahwa konsumsi gula juga bisa menurunkan kemampuan otak.

Makanan tinggi gula bisa menyebabkan terjadinya proses yang menyebabkan kerusakan kolagen pada kulit termasuk kulit berkerut dan kendur. Mengonsumsi makanan bebas gula atau menghindari menambahi gula pada makanan dan minuman bisa sangat membantu.

4 dari 4 halaman

Hindari Konsumsi Minuman Diet

minuman diet

Walau sering disebut bebas gula, minuman diet cenderung memakai pemanis buatan sehingga perlu kamu hindari. Walau rendah kalori, minuman ini bisa menyebabkan kamu bertambah gemuk ketika dikonsumsi.

Dipercaya bahwa pemanis buatan bisa meningkatkan selera makan dan membuatmu semakin ingin mengonsumsi gula. Oleh karena itu, minuman diet yang mengandung hal ini perlu sangat dihindari.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu mengatasi keinginan mengonsumsi gula secara berlebih. Hal ini bisa mencegah terjadinya keinginanmu untuk makan gula secara berlebihan. [RWP]

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri
Konsumsi Karbohidrat Kompleks saat Buka dan Sahur Bermanfaat bagi Tubuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini