4 Cara redakan depresi tanpa minum obat antidepresan

Selasa, 23 September 2014 14:54 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
4 Cara redakan depresi tanpa minum obat antidepresan Ilustrasi obat. Shutterstock/NorGal

Merdeka.com - Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dimulai dengan stres dan suasana hati yang buruk. Ketika Anda mengabaikannya, maka stres bisa berubah menjadi depresi. Sementara untuk meredakannya secara cepat, banyak orang yang memilih untuk minum obat antidepresan. Padahal mengonsumsi obat jenis ini dapat mengubah susunan kimia otak.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah cara untuk meredakan depresi tanpa minum obat antidepresan.

Mengonsumsi makanan kaya omega 3

Penelitian menunjukkan bahwa penduduk di negara Jepang dan Finlandia lebih rendah tingkat depresinya sebab mereka banyak mengonsumsi ikan. Ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan depresi secara efektif.

Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat juga bisa menurunkan stres. Sebab makanan ini meningkatkan kadar serotonin yang bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih nyaman serta meningkatkan suasana hati Anda.

Olahraga

Ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda merasa bahagia.

Meditasi

Sebuah penelitian dari BB mengungkapkan bahwa meditasi bisa mengurangi depresi hingga lebih dari 50%. Oleh karena itu luangkan waktu walaupun hanya sebentar untuk melakukan meditasi setiap hari.

Minum obat kimia bisa memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Sehingga daripada minum obat, lebih baik lakukan tips sehat di atas untuk meredakan depresi. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini