4 Cara Mudah dan Efektif untuk Meredakan Masalah Hidung Tersumbat

Senin, 11 Maret 2019 13:12 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Cara Mudah dan Efektif untuk Meredakan Masalah Hidung Tersumbat Ilustrasi pilek. Shutterstock/milaphotos

Merdeka.com - Pada musim hujan seperti sekarang, cuaca sering kali menjadi sangat dingin sehingga kita mengalami pilek. Kondisi hidung berair yang terjadi ini menyebabkan kita jadi kesulitan bernapas dan penciuman terganggu.

Gangguan kesehatan yang kamu alami ini sendiri bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah dan sederhana. Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah cara efektif dan sederhana untuk melegakan hidung tersumbat.

Basahi Hidung dengan Air Garam

Air garam dapat membantu untuk menyingkirkan bakteri yang mampu menyebabkan hidung tersumbat dan infeksi hidung lainnya. Basuhi hidung dengan sedikit air garam untuk membuat penciumanmu kembali lancar.

Minum Air Jahe

Minum air jahe hangat adalah solusi praktis untuk melegakan hidung tersumbat. Pasalnya, bahan alami jahe bersama hangatnya air mampu menghilangkan ingus sehingga hidung kamu tak lagi tersumbat.

Mendengus

Mendengus atau mengeluarkan udara dari hidung juga bisa kamu praktikan agar hidung kamu kembali lega. Namun berhati-hatilah, sebab mendengus dengan keras mampu menyebabkan sakit telinga dan meningkatkan tekanan sinus.

Berkumur

Berkumur juga bisa kamu coba untuk melegakan hidung tersumbat. Berkumur mampu membasahi tenggorokan kamu dan mempercepat penyembuhan. Disarankan untuk berkumur dengan air hangat yang sebelumnya telah dicampur lemon atau cuka.

Tak perlu repot dan membutuhkan waktu lama, sejumlah hal tersebut dapat secara efektif kamu lakukan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Hal ini bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah dengan cukup mudah. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini