4 Bahaya tahu yang patut diwaspadai

Selasa, 12 Agustus 2014 11:40 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
4 Bahaya tahu yang patut diwaspadai Ilustrasi tahu. Shutterstock/Eskymaks

Merdeka.com - Selain tempe, tahu menjadi makanan yang paling umum dikonsumsi di Indonesia. Rasanya yang enak serta harga yang murah membuat tahu menjadi makanan yang mudah dijangkau semua kalangan.

Sama-sama terbuat dari kacang kedelai, namun menurut beberapa penelitian mengonsumsi tahu bisa membahayakan kesehatan Anda. Benarkah demikian?

Seperti dilansir dari boldsky.com, inilah efek samping tahu untuk kesehatan Anda yang harus Anda waspadai.

Makanan olahan
Tahu terbuat dari kedelai yang diolah sedemikian rupa. Tentu saja untuk membuat tahu diperlukan berbagai macam proses yang bisa membuat hilangnya nutrisi yang ada di dalam kedelai segar. Belum lagi dengan adanya bahan pengawet yang ditambahkan ke dalam tahu. Maka Anda pun harus berhati-hati.

Penyebab masalah tiroid
Tahu mengandung bahan kimia tertentu yang bisa menyebabkan kerusakan kelenjar tiroid. Oleh karena itu mereka yang menderita masalah kesehatan ini disarankan untuk tidak makan tahu atau menyentuh produk kedelai sama sekali.

Meningkatkan risiko kanker
Tak banyak diketahui, makan tahu ternyata bisa meningkatkan risiko kanker. Zat pengawet dan tambahan zat tertentu yang mengganggu kesehatan hormonal manusia bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Mengganggu kesehatan hormon pria
Kedelai yang menjadi bahan utama dari tahu mengandung isoflavon yang meningkatkan jumlah estrogen dalam sistem hormonal seseorang. Bagi pria, hal ini bisa mengganggu keseimbangan sistem hormonal mereka.

Tahu ternyata menyimpan bahaya kesehatan yang tidak Anda sadari. Oleh karena itu jika Anda memang ingin mengonsumsi tahu, sebaiknya pilih tahu yang benar-benar sehat dan terbuat dari kedelai organik untuk meminimalkan efek samping dari tahu. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini