4 Alasan untuk mengurangi minum air mineral kemasan

Rabu, 24 September 2014 13:44 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
4 Alasan untuk mengurangi minum air mineral kemasan Ilustrasi air mineral kemasan. Shutterstock/somchaij

Merdeka.com - Air mineral kemasan menjadi jenis minuman yang familiar untuk dikonsumsi di Indonesia. Terutama karena air minum jenis ini dikatakan mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh serta mudah ditemui dimana-mana.

Namun tahukah Anda bahwa mengonsumsi air mineral dalam kemasan bisa memiliki efek samping? Seperti dilansir dari care2.com, inilah bahayanya meminum air dalam kemasan seperti dilansir dari care2.com.

  • Anda tidak pernah tahu sumber air dari pembuatan air mineral. Selain itu Anda juga tidak pernah tahu bagaimana cara mengolahnya. Sehingga bisa jadi konsumsi dari air mineral dalam kemasan ini sama seperti ketika Anda membeli jajanan di luar rumah daripada mengonsumsi makanan olahan sendiri.
  • Walaupun telah dikemas secara baik, namun jalur distribusi dari air mineral juga bisa membuat air mineral tercemar bakteri serta perubahan rasa yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Sekitar 25% botol plastik atau kemasan plastik yang digunakan untuk mengemas air plastik tidak mudah untuk di daur ulang. Belum lagi dengan masuknya bahan kimia dari plastik di dalam air minum yang membahayakan untuk kesehatan.
  • Tidak sedikit pula biaya yang akan Anda habiskan untuk membeli air minum dalam kemasan.

Selain efek samping dari kesehatan, produksi massal dari air mineral kemasan juga bisa merusak keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda mengolah sendiri air minum Anda. Anda bisa membuat metode filterisasi sendiri untuk air minum Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini