3 Manfaat sehat dari hobi mengunyah permen karet

Kamis, 15 September 2016 17:04 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
3 Manfaat sehat dari hobi mengunyah permen karet ilustrasi permen karet. ©articles.mercola.com

Merdeka.com - Mengunyah permen karet bisa menjadi hobi yang mengasyikkan untuk membunuh waktu luang. Dari sisi kesehatan sendiri ada banyak desas-desus tentang permen karet dan efeknya untuk tubuh. Sebuah penelitian kesehatan di tahun 2015 mengatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membahayakan gusi.

Namun penelitian yang dilansir dari medicaldaily.com mengatakan bahwa ada 3 manfaat utama yang bisa kamu dapatkan dari mengunyah permen karet seperti penjelasan berikut ini.

Kesehatan gigi

Ketika kamu mengunyah permen karet, maka aliran air liur dalam mulut akan meningkat. Penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit akan membantu mencegah kerusakan gigi. Namun hal ini bukan berarti bahwa mengunyah permen karet bisa menggantikan kegiatan sikat gigi dan flossing.

Kesehatan mental

Tak banyak yang tahu bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kesehatan otak. Faktanya, ketika kamu mengunyah permen karet, maka tingkat kewaspadaanmu akan bertambah serta proses penyampaian informasi dan mencerna informasi akan lebih cepat.

Kesehatan pencernaan

Dalam upaya meningkatkan kesehatan pencernaan, cobalah untuk mengunyah permen karet yang mengandung xylitol sebelum atau sesudah makan sebab dengan mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat dan menambah jumlah asam dalam perut sehingga membuat makanan lebih mudah dicerna.

Jadi, siapa bilang mengunyah permen karet membahayakan kesehatan? Asal, pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula sehingga membuat tubuh lebih sehat. [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini