KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

3 Manfaat kesehatan diet mediterranean

Sabtu, 2 Februari 2013 18:33 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi salad. ©Shutterstock/barbaradudzinska

Merdeka.com - Diet mediterranean identik dengan konsumsi banyak buah dan sayur yang kaya akan berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, diet ini juga sering menganjurkan konsumsi minyak zaitun sebagai asupan lemak baik yang menangkal kolesterol.

Selain menurunkan berat badan, rupanya diet mediterranean memberi manfaat kesehatan lain pada tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Tubuh lansia lebih bugar
Sebuah penelitian pada tahun 2012 dari Italia menyebutkan kalau diet mediterranean yang dilakukan lansia punya manfaat kesehatan yang luar biasa, yaitu menjaga mereka tetap bugar. Gejala berjalan lambat, lemah otot, dan lelah berlebihan pun menurun sebanyak 70 persen.

Melawan penyakit kronis
Penelitian lain juga membuktikan kalau menjalani diet mediterranean mampu menjauhkan Anda dari penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, kanker, nyeri sendi, masalah dental, sampai Alzheimer. Diet tersebut pun dilaporkan berperan dalam membantu penderita asma mengontrol kondisi yang dialami.

Melindungi otak
Terakhir, manfaat kesehatan dari diet mediterranean adalah menjaga kesehatan otak dari risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya. Sebab diet mediterranean mewajibkan konsumsi buah-buahan, sayur, dan gandum, kemudian mengurangi produk susu, lemak jenuh dan gula yang menyehatkan otak dan tubuh secara keseluruhan.

Itulah manfaat kesehatan utama dari diet mediterranean. Berminat menjalani pola makan tersebut? [riz]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.