3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Jauhkan Orangtua Lansia dari Bahaya Pneumonia

Rabu, 7 Juli 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Jauhkan Orangtua Lansia dari Bahaya Pneumonia Ilustrasi orang tua. ©2012 Shutterstock/frantab

Merdeka.com - Pada masyarakat Indonesia, sudah menjadi kebiasaan bahwa anak tinggal dengan orangtua yang sudah lanjut usia. Pada kondisi ini, terutama ketika orangtua telah lanjut usia, menjaga kesehatan mereka termasuk dari pneumonia merupakan hal yang penting.

Menurut data dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di tahun 2018, sekitar 1,4 juta orang di seluruh dunia dilaporkan meninggal akibat pneumonia setiap tahunnya.

Penyakit ini umumnya lebih rentan dialami lansia berusia 50 tahun ke atas. Selain itu, lansia yang mengidap pneumonia juga lebih rentan mengalami komplikasi lebih lanjut seperti abses paru-paru hingga keracunan darah.

Maka dari itu, tiga hal yang dapat dilakukan seorang anak, demi menjaga kesehatan orangtuanya, serta menghindari mereka dari penyakit seperti pneumonia.

1. Menjaga Pola Hidup Sehat Orangtua

Dokter Amira Anwar, spesialis paru dan pernapasan dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com mengatakan, anak dapat membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal dan selalu memastikan asupan gizi seimbang bagi orangtua mereka.

"Ketika orang tua sudah tidak memiliki energi dan stamina untuk menjaga pola hidup yang sehat, anak dapat membantu merawat orang tua mereka untuk memenuhi kebutuhannya, seperti yang telah orang tua kita lakukan kepada kita ketika beranjak dewasa," kata Amira.

Baca Selanjutnya: 2 Mendampingi Perawatan Kesehatan Orangtua...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini