3 Hal Mengejutkan yang Bisa Menjadi Penyebab Terjadinya Insomnia

Senin, 23 Mei 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Hal Mengejutkan yang Bisa Menjadi Penyebab Terjadinya Insomnia Ilustrasi insomnia. ©Shutterstock/9nong

Merdeka.com - Insomnia atau masalah sulit tidur merupakan hal yang dialami banyak orang. Hal ini terutama rentan terjadi pada masa-masa seperti sekarang.

Hal ini bisa berupa kesulitan memejamkan mata di malam hari atau kondisi kerap terbangun pada saat tidur malam. Ketika seseorang mengalami insomnia, sejumlah gangguan bakal dia alami.

Kondisi insomnia ini bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan dan dalam beraktivitas sehari-hari. Ketika masalah ini terjadi dalam jangka panjang, bakal muncul masalah pada kesehatanmu.

Masalah yang mungkin muncul dalam jangka panjang berupa kecemasan, depresi, sakit kepala, radang sendi, serangan jantung, dan osteoporosis. Masalah Insomnia ini kerap kali bisa terjadi tanpa penyebab yang kamu sadari. Dilansir dari Medical Daily, berikut tiga hal mengejutkan yang bisa jadi penyebab kamu mengalami insomnia.

2 dari 4 halaman

Depresi

Kondisi psikis tertentu yang parah seperti depresi merupakan penyebab potensial terjadinya insomnia. Masalah mental yang kamu alami ini bisa membuat kamu sulit untuk memejamkan mata.

Pada jangka panjang, masalah ini bisa berujung semakin berat dan parah bagi dirimu. Salah satu gejala dari depresi atau masalah mental lainnya adalah berupa kesulitan untuk tidur.

Banyaknya pikiran yang berkecambuk di benak seseorang bisa membuatnya jadi lebih sulit memejamkan mata. Kondisi ini bisa membuat pikiran berlarut-larut sehingga berujung insomnia.

3 dari 4 halaman

Alergi

3 hal mengejutkan yang bisa menjadi penyebab terjadinya insomnia

Gejala alergi yang biasa muncul seperti hidung berair atau mata gatal bisa memicu kamu memiliki insomnia. Hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk tidur karena gangguan yang terjadi di malam hari.

Sebuah penelitian terdahulu menyebut bahwa setidaknya 59 persen orang di dunia yang memiliki alergi di bagian nasal mengalami kesulitan untuk tidur. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi masalah ini adalah dengan mencuci dan membersihkan tempat tidur secara sering dan mandi sebelum tidur.

Jika alergi sudah terlanjur terjadi di malam hari, maka sebaiknya kamu tidak enggan minum obat. Cara ini bisa membantu dalam mengatasi gejala alergi yang muncul.

4 dari 4 halaman

Kecemasan dan Stres

Masalah kehidupan yang dimiliki seseorang bisa jadi penyebab sulit tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak orang dewasa saat ini yang kesulitan tidur karena masalah yang mereka miliki dalam kehidupan.

Gejala dari kecemasan yang dapat berujung insomnia ini termasuk rasa tegang, memikirkan hal-hal lalu, terlalu banyak berpikir, terlalu khawatir masa depan, serta pikiran lainnya yang menyebabkan sulit tidur. Hal ini jika terjadi secara terus-menerus bisa jadi penyebab insomnia yang kamu alami.

Sejumlah kondisi penyebab insomnia ini tidak boleh kamu sepelekan. Mengetahui penyebab insomnia yang kamu alami bisa sangat membantu dalam menangani dan mengatasinya dengan cepat. [RWP]

Baca juga:
Sulit Tidur? Coba Konsumsi Minuman-Minuman Ini Agar Cepat Tertidur
Waspadai Terjadinya Mendengkur! Indikasi Adanya Masalah Penyempitan Saluran Napas
Tips Sesuaikan Pola Tidur secara Efektif selama Bulan Ramadan
Benarkah Mode Gelap Bisa Berdampak Lebih Baik Terhadap Mata dan Kualitas Tidur?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini