3 Cara Efektif dan Sederhana untuk Menghentikan Mimisan

Selasa, 26 Februari 2019 13:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Cara Efektif dan Sederhana untuk Menghentikan Mimisan Ilustrasi mimisan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ilya Andriyanov

Merdeka.com - Sebagai masalah yang umum terjadi, banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk menghentikan mimisan. Beberapa cara ini biasa dilakukan oleh orang secara mandiri tanpa bantuan tenaga medis.

Ketika mimisan datang, pengobatan paling efektif apa yang bisa dilakukan untuk menghentikannya? Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara efektif untuk menghentikan mimisan.

1. Menekan hidung

Hentikan pendarahan dengan menekan hidung. Tekan hidung kamu dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk selama 5-10 menit. Jika pendarahan tidak berhenti setelah 20 menit, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

2. Kompres es

Kompres es dapat menghentikan aliran darah dari hidung. Selain memblokir kebocoran darah, kompres es membuat darah cepat mengental dan berhenti.

3. Sumbat hidung

Kamu bisa menyumbat hidung dengan kapas sambil terus menekannya. Namun, sebaiknya gunakan kapas yang ujungnya telah diolesi petroleum jelly. Kemudian, tekan kapas ke dalam hidung selama 10 menit.

Tiga hal itu merupakan cara efektif dan mudah untuk menghentikan mimisan. Namun, jika pendarahan tetap tidak berhenti, segera berkonsultasi dengan dokter. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini