3 Aspek yang Perlu Diperhatikan ketika Melakukan Isolasi Mandiri di Rumah

Jumat, 9 Juli 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Aspek yang Perlu Diperhatikan ketika Melakukan Isolasi Mandiri di Rumah Aktivitas Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri di Rumah. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Melakukan isolasi mandiri di rumah merupakan cara yang bisa dilakukan penderita COVID-19 dengan kondisi ringan. Dalam melakukannya, ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Antara, Guru Besar Paru FKUI, Prof. Tjandra Yoga Aditama membagikan panduan yang perlu disiapkan dan dilakukan selama pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri di rumah. Keputusan melakukan isolasi mandiri ini sebaiknya diambil setelah berkonsultasi dengan dokter.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara 2018-2020 itu, dalam keterangan tertulisnya, Minggu, membaginya menjadi tiga aspek. Pertama, terpenuhinya kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum, istirahat cukup, ruang isolasi yang layak dengan ventilasi baik, pakaian dan tempat tidur yang memadai.

Kemudian, terjaminnya keamanan seperti tidak ada risiko arus pendek listrik di kamar atau tergelincir di kamar mandi karena tidak dibersihkan rutin. Hal berikutnya, dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga, kerabat hingga tetangga.

Pasien juga sebaiknya menginformasikan pada pihak RT/RW sedang melakukan isolasi mandiri, agar bisa mendapatkan bantuan jika memerlukannya. Pada kasus isolasi mandiri yang melibatkan satu keluarga, dukungan mulai dari moral hingga penyediaan pangan dan obat-obat dari RT/RW bisa sangat diperlukan.

Baca Selanjutnya: Pantau Kondisi Kesehatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini