7 Dampak Buruk yang Bisa Kamu Alami Akibat Kebiasaan Makan Terlalu Cepat

Sabtu, 19 November 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Dampak Buruk yang Bisa Kamu Alami Akibat Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Ilustrasi Makan Terlalu Cepat. ©Medical News Today

Merdeka.com - Makan terlalu cepat merupakan salah satu kebiasaan yang bisa berbahaya pada seseorang. Hal ini terutama semakin rentan terjadi ketika kamu harus makan di luar rumah pada saat-saat seperti sekarang.

Rasa lapar atau terburu-buru juga bisa menjadi penyebab kamu makan terlalu cepat. Pada sejumlah orang, karena sudah menjadi kebiasaan, mereka sering tidak merasa ketika makan terlalu cepat.

Ketika makan terlalu cepat, seseorang cenderung makan secara berlebih karena rasa kenyang terlambat dirasakan di otak. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya sejumlah masalah yang kamu alami.

Mengetahui apakah kamu terlalu cepat ketika makan merupakan hal yang bisa membantu dalam memperlambatnya. Tanda-tanda fisik yang kamu alami bisa membantu dalam menyadari apakah kamu makan terlalu cepat atau tidak.

Tanda yang dikirimkan oleh tubuh bisa jadi pengingat ketika kamu makan terlalu cepat. Dilansir dari Romper, berikut sejumlah tanda yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika kamu makan terlalu cepat.

1. Sakit Perut

Munculnya rasa sakit setelah makan bisa menjadi tanda bahwa kamu makan terlalu cepat. Sangat dianjurkan untuk memperlambat waktu makanmu dan mengunyahnya perlahan agar sistem pencernaan tubuh tidak terbebani.

2 dari 4 halaman

Telat Kenyang dan Kembung

dan kembung rev1

2. Telat Kenyang

Makan terlalu cepat dalam jumlah banyak bisa membuatmu tidak merasakan kenyang atau merasakannya secara terlambat. Secara umum, tubuh membutuhkan setidaknya 20 menit untuk mengirim tanda kenyang ke otak. Makan perlahan juga bisa membuat kamu lebih mudah merasa kenyang ketika atau setelah makan.

3. Kembung

Munculnya rasa kembung yang menyebalkan setelah makan bisa menjadi tanda kamu makan terlalu cepat. Membuka mulut terlalu sering dan terlalu cepat bisa membuatmu mengisap lebih banyak udara dalam tiap suapan sehingga kamu mengalami rasa kembung ini.

3 dari 4 halaman

Perut Bergas dan Terlalu Kenyang

dan terlalu kenyang rev1

4. Perut Bergas

Seperti sudah diungkap sebelumnya, makan terlalu cepat bisa membuat kamu menelan lebih banyak udara. Hal ini menyebabkan perut menjadi penuh gas dan kamu sering kentut dan bersendawa.

5. Terlalu Kenyang

Rasa kenyang yang datang terlambat akibat konsumsi makanan terlalu cepat ini ketika datang akan membuatmu merasa menjadi luar biasa kenyang. Pasalnya, ketika makanb kamu tidak merasakan rasa kenyang ini dan makan terlalu banyak sehingga ketika rasa kenyang ini tiba, perutmu sudah terlanjut sangat penuh karena makan berlebih.

4 dari 4 halaman

Masalah Asam Lambung dan Mual

lambung dan mual rev1

6. Sering Mengalami Masalah Asam Lambung

Masalah asam lambung yang kamu alami merupakan sebuah kondisi yang sangat tak nyaman. Makan terlalu cepat bisa menyebabkan munculnya masalah ini sehingga memperlambat makan perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

7. Mual

Munculnya rasa mual setelah makan bisa menjadi tanda kamu makan terlalu cepat. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengurangi kecepatan makanmu agar tidak mengalami masalah ini.

Makan terlalu cepat merupakan sebuah hal yang bisa berdampak buruk dan tanpa sengaja sering kamu lakukan. Memperlambat makan bisa sangat membantu dalam mencegah sejumlah masalah serta mambuatmu tidak makan secara berlebih.

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Kita Menyukai dan Ketagihan Makanan Manis
Pola Makan Sehat Perlu Diperhatikan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan
Orangtua Perlu Tahu! Begini Cara Anasi Anak Tak Suka Sayur
Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Tangkis Dampak Buruk dari Polusi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini