12 Kebiasaan ini mampu hancurkan kesehatan ginjal

Selasa, 13 Januari 2015 13:24 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
12 Kebiasaan ini mampu hancurkan kesehatan ginjal Ilustrasi nonton TV. Shutterstock/Ollyy

Merdeka.com - Kurang tidur

Saat tidur, maka organ tubuh pun beristirahat dengan baik. Sehingga bayangkan jika Anda kurang tidur, maka ginjal akan bekerja terus-menerus dan akhirnya kemampuannya menurun.

Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B6 akan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Sehingga pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi setiap hari untuk kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Mengonsumsi banyak garam

Tingginya jumlah natrium dalam darah mampu mengganggu kesehatan ginjal Anda. Oleh karena itu pangkas konsumsi garam melalui konsumsi makanan sehat.

Kafein berlebih

Kafein memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak kafein juga mampu merusak ginjal. Sebab kafein akan mempengaruhi tekanan darah yang berdampak langsung pada kesehatan ginjal Anda.

Minum obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan tertentu mampu mempengaruhi kesehatan ginjal. Sebab ginjal harus berjuang keras untuk menyaring bahan kimia di dalamnya.

Mengonsumsi protein berlebihan

Protein penting untuk pembentukan organ tubuh. Namun jika terlalu banyak maka harus membuat ginjal bekerja keras untuk mencernanya dan jika tercerna tidak sempurna maka akan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Itulah beberapa kebiasaan yang mampu mempengaruhi kesehatan ginjal. Oleh karena itu ketika Anda ingin mempunyai ginjal yang sehat, maka sebisa mungkin jauhi kebiasaan buruk tersebut. [feb] SEBELUMNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini