10 Tips untuk mempertajam kecerdasan otak [Part 2]

Kamis, 22 Oktober 2015 14:14 Reporter : Siti Rutmawati
ilustrasi mempertajam otak. www.zwallpix.com

Merdeka.com - Sebelumnya ada lima tips yang bisa kamu coba untuk mempertajam kecerdasan otak. Nah, selain lima tips itu, lima tips ini juga tidak kalah menyenangkan. Yuk, kita lihat lanjutannya!

6. Berteman

Photo credit:community.sparknotes.com

Bertemanlah dengan banyak orang. Berbicara dengan orang lain benar-benar bisa bantu kamu untuk mempertajam otak. Kamu tentu saja bisa melakukannya di mana saja baik di rumah, tempat kerja, atau dalam komunitas yang kamu ikuti. Studi menunjukkan kegiatan sosial meningkatkan pikiran kamu.

7. Tetap tenang

Photo credit:Shutterstock/EpicStockMedia

Terlalu banyak stres dapat menyakiti otak yang berisi sel-sel yang menyimpan dan memproses informasi. Jika kamu sedng mengalami sebuah kepenatan, kamu bisa mencoba hal berikut ini. Pertama, ambillah napas dalam-dalam. Kemudian, carilah sesuatu yang bisa membuat kamu tertawa. Cara lain yang bisa kamu pakai adalah dengan mendengarkan musik. Meditasi dan yoga juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan kepenatan yang bisa jadi penyebab stres.

8. Tidur

Cukup tidur sebelum dan setelah kamu melakukan aktivitas adalah sesuatu yang kamu perlukan. Ketika kamu sedang lelah, kamu akan kesulitan untuk fokus. Saat itu terjadi, itu adalah pertanda kalau otak kamu membutuhkan istirahat.

Luangkanlah waktu sejenak untuk itu, karena tidak ada gunanya jika kamu memaksakan otak untuk terus bekerja. Sisanya, kamu bisa tidur yang cukup di malam hari. Hal ini cukup membantu untuk menyegarkan kembali otak. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur setiap malam.

9. Gunakan memori helper

Photo credit:www.meredithmanor.edu

Saat kamu beranjak tua, kamu mungkin akan sulit mengingat banyak hal. Kemampuan otak tidak akan sebaik saat kamu masih muda. Dan hal ini merupakan bagian yang normal dari penuaan. Karena itu kamu membutuhkan bantuan untuk mengingat (memory helper). Banyak memory helper yang bisa kamu pakai seperti kalender, atau menu pengingat pada ponsel kamu.

10. Permainan nama

Photo credit:www.zwallpix.com

Apakah kamu sulit untuk mengingat nama? Jika kamu mengalami kesulitan ini, cobalah untuk mengulang nama seseorang saat kamu sedang berbicara dengan mereka. Cara ini akan membantu kamu mengingat nama mereka, tanpa harus memeras kerja otak. Selain itu, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat gambar lucu dan memberikan nama untuk gambar tersebut.

Bagaimana? Tips ini mudah dan menyenangkan, bukan? Beberapa hal sederhana dan menyenangkan juga bisa jadi cara untuk mempertajam otak kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! [SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini