KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

10 Tanda tubuh kekurangan zat besi

Minggu, 27 Oktober 2013 16:27 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi lemas. ©shutterstock.com/Jochen Schoenfeld

Merdeka.com - Wanita dan anak-anak rentan kekurangan zat besi. Salah satu penyebabnya adalah siklus menstruasi yang dialami wanita yang mengeluarkan banyak darah. Sementara anak-anak kekurangan zat besi karena konsumsi nutrisi yang tak mencukupi. Simak tanda tubuh kekurangan zat besi selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Letih dan lesu
Kurang zat besi bisa bikin tubuh jadi letih dan lesu. Jadi jika merasa sering lesu meski sudah beristirahat cukup, coba perbanyak makanan kaya akan zat besi.

Perubahan suasana hati
Suasana hati yang mudah berubah atau terlalu sensitif adalah tanda lain dari tubuh yang kekurangan zat besi. Jika dibiarkan, depresi bisa menyerang.

Napas pendek
Padahal cuma naik belasan anak tangga, napas sudah terengah-engah. Merasakan hal serupa? Jika iya, kemungkinan besar tubuh memang kekurangan zat besi.

Kuku rapuh
Penyebab kuku rapuh adalah penggunaan cat kuku yang terus menerus. Namun selain itu, kuku rapuh juga bisa dipicu dari tubuh yang kekurangan zat besi.

Kulit pucat
Tanda berikutnya bahwa tubuh kekurangan zat besi adalah kulit yang pucat. Sebab kurangnya suplai darah membuat hemoglobin menurun, kulit pun berubah pucat.

Rambut rontok
Rambut, sama seperti organ tubuh penting lainnya, perlu nutrisi berupa zat besi agar tetap kuat dan sehat. Jika kekurangan zat besi, rambut akhirnya jadi rontok.

Menopause dini
Wanita yang memasuki masa pre-menopause bisa terkena menopause lebih cepat jika tidak menjaga asupan zat besi. Sebab zat besi juga memengaruhi fungsi hormon pada wanita.

Kurang darah
Pendarahan hebat saat menstruasi atau donor darah dalam waktu tertentu mungkin bisa dibilang sebagai penyebab kurang zat besi. Jadi jika sering pusing saat menstruasi, mungkin tubuh memang kekurangan zat besi.

Kaki gemetaran
Apa hubungannya gejala kaki gemetaran dengan zat besi? Ternyata kurang zat besi membuat aliran darah menjadi tidak lancar, termasuk daerah kaki sehingga membuatnya sering kaku dan gemetaran.

Ngemil
Kebanyakan tanda tubuh kekurangan zat besi berupa ngemil ditemukan pada anak-anak. Bahkan bukan cuma makanan saja yang dimakan. Wanita pun juga bisa mengalami kondisi serupa.

Itulah berbagai tanda tubuh yang kekurangan zat besi. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan zat besi dari makanan atau suplemen.

Baca juga:
Kiwi, buah ampuh penangkal insomnia
Kebanyakan tidur siang tingkatkan risiko diabetes
Jangan makan 4 makanan ini sebelum tidur
5 Hal gila yang dilakukan manusia sambil tidur
Gangguan apnea tidur bisa sebabkan kecelakaan lalu lintas [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.