10 Makanan yang bikin jantungmu terbebas dari penyakit berbahaya, apa saja?

Kamis, 14 September 2017 12:30 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi cokelat. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Brent Hofacker

Merdeka.com - Kamu pun tahu bahwa jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk mendistribusikan darah yang penuh oksigen ke seluruh anggota tubuh. Sehingga ketika jantungmu berhenti bekerja karena suatu kelainan atau penyakit, maka kelangsungan hidupmu pun bisa terancam. Hal inilah yang membuatmu wajib untuk menjaga kesehatan jantung dari berbagai macam serangan penyakit.

Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi yang diperlukan jantung agar bisa berfungsi dengan baik. Maka, jenis makanan apa saja yang bermanfaat untuk menguatkan jantung? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah daftarnya.

Ikan berlemak sehat
Beberapa contoh ikan berlemak sehat seperti salmon atau mackerel diketahui bisa mengurangi risiko aritmia dan aterosklerosis yang merupakan contoh penyakit utama perusak kesehatan jantung. Kamu disarankan untuk mengonsumsi ikan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Oatmeal
Oatmeal kaya serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta memperbaiki kesehatan pencernaan.

Buah beri
Buah beri tinggi zat antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga suplai darah yang penuh oksigen bisa berjalan dengan baik.

Dark chocolate
Dark chocolate yang mengandung 60-70% kakao berfungsi untuk menormalisasi tekanan darah, melawan radang, dan pembekuan darah.

Kacang-kacangan
Kacang mengandung serat protein dan vitamin E yang membantu untuk menyehatkan jantung.

Minyak zaitun murni
Dengan mengonsumsi beberapa tetes minyak zaitun murni secara rutin maka tingkat kolesterol jahat akan menurun.

Minuman anggur merah
Minuman anggur merah membantu untuk mengurangi timbunan lemak di pembuluh darah serta berfungsi untuk melindungi jantung.

Teh hijau
Minum secangkir teh hijau bisa menghentikan pembentukan plak kolesterol. Konsumsi teh hijau juga membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Brokoli dan bayam
Sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu mengaktifkan jantung serta menormalisasi tingkat tekanan darah. Kandungan seratnya juga berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat.

Avokad
Avokad membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta membersihkan arteri dari racun berbahaya. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.