10 Lipatan di tubuh ini jadi titik tumbuhnya kanker

Selasa, 8 Maret 2016 09:18 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
10 Lipatan di tubuh ini jadi titik tumbuhnya kanker ilustrasi mata. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Kamu pasti tahu bahwa dalam setiap organ tubuh ada sel-sel kanker yang bisa berubah menjadi penyakit kanker sungguhan jika dipicu dengan pola hidup tak sehat. Sehingga selain di tempat yang umum seperti kanker mulut, kanker paru-paru, atau kanker kulit, bisa saja kanker juga akan tumbuh di mata dan menjadi kanker mata.

Selain karena faktor sel kanker, paparan sinar matahari yang kuat juga akan menyebabkan mutasi DNA sel yang mengarah ke pembentukan sel kanker dalam tubuh. Dan itu artinya kamu harus waspada dengan pertumbuhan sel kanker di beberapa bagian tubuh tak lazim berikut ini.

Kelopak mata

Tahukah kamu bahwa sekitar 5%-10% dari kanker kulit terjadi di kelopak mata? Dengan demikian kelopak mata menjadi salah satu tempat tak terduga di mana kanker bisa tumbuh.

Mulut

Jika kamu mengalami rasa sakit atau sariawan di mulut yang berlangsung selama 2 minggu atau lebih, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter. Sebab mulut pun bisa menjadi salah satu tempat tumbuhnya kanker yang paling tak terduga.

Pantat

Saat kamu melihat pantatmu dan mendapati ada ruam mencurigakan di sana, sebaiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter. Hal ini dikarenakan kulit di pantat juga bisa menjadi tempat tumbuhnya kanker, terutama bagi kamu yang senang berjemur.

Di antara jari kaki

Lihatlah jari kakimu dan periksalah lekukan di antaranya. Jika kamu melihat adanya bintik mencurigakan yang disertai dengan rasa sakit, periksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

Telapak kaki

Telapak kaki bisa menjadi bagian yang paling mengejutkan dan tentunya menyakitkan untuk tumbuhnya kanker. Namun memang ada cikal bakal kanker kulit semacam melanoma yang disebut sebagai acral melanoma lentiginous. Dan sayangnya, hanya sedikit orang yang mengetahui jenis kanker ini. [feb] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini