KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

10 Hal yang membuat seseorang merasa tua

Rabu, 7 November 2012 18:53 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi orang tua. ©2012 Shutterstock/frantab

Merdeka.com - Usia seseorang memang tidak bisa diprediksi. Tetapi ternyata beberapa hal yang Anda lakukan biasanya membuat Anda merasa lebih tua daripada umur yang sebenarnya. Seperti apa? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari Care2.com (06/11) berikut ini.

Malas bergerak
Tidak mau berolahraga biasanya membuat tubuh mudah lelah jika dipaksa melakukan aktivitas fisik. Anda pun merasa bahwa Anda sudah tua dan tidak sanggup bergerak aktif seperti anak muda.

Malas berpikir
Sebelumnya sebuah penelitian menyebutkan pikun bisa menyerang Anda yang meskipun masih berusia 30-an. Apa sebabnya? Ternyata hal itu disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang malas berpikir.

Pola makan buruk
Saran makan sayuran, buah-buahan, gandum, dan makanan bernutrisi lainnya sudah sering Anda dengar untuk menjaga kesehatan. Namun jika Anda mengabaikannya, tentu saja Anda akan mudah terserang penyakit dan merasa sistem imun memburuk seperti orang tua.

Sering stres
Stres adalah salah satu hal yang membuat Anda merasa tua. Untuk menghindarinya, jangan ragu melakukan meditasi atau mengambil kelas yoga sebelum depresi ikut mempengaruhi kondisi fisik.

Berpikiran negatif
Hampir sama seperti stres, berpikiran negatif juga membuat Anda merasa tua. Jadi mulai sekarang sebaiknya Anda lebih sering berpikiran positif dan jangan malas untuk bersyukur.

Minum alkohol
Banyak peneliti yang menyebutkan kalau alkohol baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Tetapi kalau Anda minum alkohol secara berlebihan, hal itu bisa berdampak pada kondisi fisik dan membuat Anda merasa tua.

Perokok pasif
Ada baiknya jika Anda yang tidak merokok menjauhi komunitas para perokok. Pasalnya menjadi perokok pasif juga membahayakan kesehatan paru-paru dan mempengaruhi penuaan dini.

Polusi
Polusi merupakan salah satu hal yang membuat Anda merasa tua. Sebab sama seperti perokok pasif, Anda sebaiknya menghindari area sumber polusi agar tidak berdampak pada kondisi fisik.

Obat tertentu
Suka mengonsumsi obat tidur jika insomnia? Hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Pasalnya jenis obat tertentu memberi dampak buruk bagi kesehatan, sehingga Anda merasa cepat menua.

Sejarah keluarga
Beberapa jenis penyakit yang diturunkan memang sulit dihindari. Namun Anda bisa menundanya dengan melakukan gaya hidup sehat agar penuaan berjalan normal seperti biasanya.

Perubahan gaya hidup yang sepele bisa jadi meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental Anda. Sehingga meskipun secara usia Anda sudah tua, bukankah menyenangkan jika Anda masih tetap bugar seperti anak muda? [riz]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.