10 Cara Praktis dan Bisa Diterapkan di Rumah untuk Mengatasi Ambeien yang Mengganggu

Kamis, 14 Mei 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
10 Cara Praktis dan Bisa Diterapkan di Rumah untuk Mengatasi Ambeien yang Mengganggu Ilustrasi Ambeien. ©Pixabay

Merdeka.com - Ambeien merupakan sebuah masalah yang sangat mengganggu seseorang dalam aktivitas sehari-hari. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Masalah kesehatan berupa ambeien atau wasir ini bukan merupakan hal yang aneh dialami terutama pada orang dewasa. Setidakanya tiga dari empat orang dewasa bakal mengalami masalah ini.

Masalah yang terjadi ini berupa bengkaknya pembuluh darah baik di luar atau pun di dalam anus. Masalah yang dialami bisa berupa pendarahan, serta munculnya rasa gatal dan tak nyaman di anus.

Munculnya penyakit ini sendiri biasanya dipicu oleh faktor gaya hidup. Kondisi kurang gerak dan olahraga serta makanan kurang serat bisa menyebabkan seseorang mengalami ambeien.

Untuk menangani ambeien ini, seseorang tidak harus melakukan operasi. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah cara efektif dan bisa diterapkan di rumah untuk mengatasi ambeien.

1 dari 10 halaman

Konsumsi Banyak Serat

Konsumsi banyak serat bisa membantu mengatasi ambeien dari dalam diri. Hal ini bisa menurunkan risiko pendarahan dan rasa sakit. Selain itu, cara ini juga bisa mencegah konstipasi yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien.

2 dari 10 halaman

Menggunakan Kantung Teh

teh

Ambeien eksternal bisa menjadi lebih reda dengan menempelkan kandung teh yang masih basah dan hangat. Asam Tannin dari teh bisa meredaan bengkak, mengurangi rasa sakit, serta menghentikan pendarahan.

3 dari 10 halaman

Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab terjadinya ambeien. Pastikan untuk tidak duduk terlalu lama dan berjalan setidaknya lima menit usai duduk satu jam.

4 dari 10 halaman

Rendam Air Hangat

hangat

Air hangat bisa membantu meningkatkan aliran darah dan meredakan pembuluh darah yang bengkak. Kamu bisa merendam pantat di dalam bak berisi air hangat untuk meredaka masalah ini. Kamu juga bisa menaburkan garam Epson untuk membantu pemulihan lebih cepat terjadi.

5 dari 10 halaman

Tempelkan Es

Pembuluh darah bisa membengkak ketika ambeien dan bisa dikecilkan menggunakan rasa dingin. Kamu bisa membungkus es dalam kain dan kemudian mendudukinya selama 20 menit untuk meredakan ambeien.

6 dari 10 halaman

Ubah Cara Mandi

mandi

Mandi secara teratur dengan merendam bagian pantat menggunakan air hangat bisa membantu meredakan masalah ambeien. Usai berendam, gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian tersebut dan jangan menggosok handuk padanya.

7 dari 10 halaman

Tiduran

Memindahkan fokus titik berat tubuh bisa membantu meredakan masalah ambeien. Tiduran dengan posisi kaki lebih tinggi bisa membantu mengatasi masalah ini. Cara ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di bagian punggung untuk membantu meredakan ambeien.

8 dari 10 halaman

Gunakan Petroleum Jelly

jelly.gif

Menggunakan petroleum jelly bisa meringankan rasa sakit akibat ambeien. Mengoleskannya pada ambeien juga bisa membantunya lebih cepat sembuh.

9 dari 10 halaman

Jangan Menahan Buang Air

Menahan buang air terlalu lama dan sering bisa menyebabkan terjadinya konstipasi yang berujung ambeien. Buang air secepatnya ketika ingin merupakan salah satu cara terhindar dari ambeien.

10 dari 10 halaman

Menggunakan Kentang

Walau terdengar aneh, tapi ternyata kentang bisa bermanfaat untuk meredakan ambeien. Kentang yang diparut dan dioleskan pada anus bisa membantu meredakan ambeien yang terjadi.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu untuk meredakan rasa sakit akibat ambeien. Lakukan sejumlah cara tersebut untuk meredakan masalahmu. [RWP]

Baca juga:
Bekerja di Rumah Buat Mata Cepat Lelah, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya
Dokter Anak Sarankan Orangtua untuk Ajarkan Puasa Secara Bertahap
Dokter Anak Sarankan Anak Mulai Diajari Berpuasa ketika di Atas 7 Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini