10 Alarm tubuh ini beritahukan ada masalah dengan kesehatanmu [Part 2]

Kamis, 11 Januari 2018 07:10 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
10 Alarm tubuh ini beritahukan ada masalah dengan kesehatanmu [Part 2] Ilustrasi mendengkur. Shutterstock/wavebreakmedia

Merdeka.com - Jika kamu peka, tubuh sebenarnya memiliki alarm tersendiri untuk memberitahukan bahwa ada yang tidak beres di dalamnya. Sayangnya, kamu seringkali tidak menghiraukannya sehingga gangguan ini kemudian berubah menjadi masalah kesehatan atau penyakit yang gawat.

Dilansir dari boldsky.com, ini dia alarm alami tubuh yang sebaiknya kamu pahami.

2 dari 6 halaman

Mendengkur keras

10 alarm tubuh ini beritahukan ada masalah dengan kesehatanmu [part 2]Alarm alami tubuh. boldsky.com

Orang yang suka mendengkur saat tidur, biasanya menderita penyakit yang disebut dengan sleep apnea dimana jalan napas jadi terhambat saat tidur karena lidah yang menutupi tenggorokan atau adanya masalah struktural di tenggorokan. Biasanya dengkuran yang terjadi begitu keras.

Jika kamu mengalaminya, maka cobalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

3 dari 6 halaman

Menggeretak gigi saat malam hari

saat malam hariAlarm alami tubuh. boldsky.com

Kamu atau orang terdekatmu sering menggeretak gigi saat tidur? Hal ini disebut dengan bruxism. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki masalah sensitivitas yang ekstrim pada gigi belakang mereka. Dan saat stres datang, bruxism yang terjadi makin parah.

4 dari 6 halaman

Adanya darah di cairan tubuh

di cairan tubuhAlarm alami tubuh. boldsky.com

Adanya darah di dalam cairan tubuh yang kamu keluarkan, baik itu dahak, urin, air susu, atau kotoran patut untuk kamu curigai. Segera kunjungi dokter. Sebab munculnya darah ini menjadi tanda besar akan masalah berbahaya di dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Muntah setelah makan

makanAlarm alami tubuh. boldsky.com

Seringnya muntah setelah makan wajib kamu waspadai. Sebab kemungkinan kamu menderita penyakit yang disebut dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease. Konsumsi makanan tinggi minyak, lemak, atau pedas makin memperparah penyakit ini.

Jika kamu sering mengalaminya, maka segera lakukan pemeriksaan di bagian gastroenterologi.

6 dari 6 halaman

Warna kuning di mata, lidah, dan kulit

di mata lidah dan kulitAlarm alami tubuh. boldsky.com

Menguningnya lidah, kulit, telapak tangan, dan bagian putih mata merupakan tanda klasik dari penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan di lever. Saat kamu mengalaminya, maka segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tubuhmu begitu menakjubkan. Termasuk bisa mengeluarkan alarm alami untuk memberitahukan gejala suatu penyakit. Oleh karena itu, coba dengarkan tubuhmu dengan baik ya. [feb]

Baca juga:
Ini dampaknya pada tubuh saat kamu minum sekaleng soda
Kena air hujan bisa bikin sakit, mitos atau fakta?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini