Rudiantara

Foto:

Rudiantara


Nama Lengkap : Rudiantara

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Teknologi Informasi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bogor, Jawa Barat

Tanggal Lahir : Minggu, 3 Mei 1959

Zodiac : Taurus

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Rudiantara adalah sosok pengusaha yang sudah pernah menjajal berbagai macam bidang, mulai dari perusahaan telekomunikasi hingga industri lain seperti listrik, semen, hingga kereta api. Tidak salah bila akhirnya, pria berumur 55 tahun tersebut menjadi komisaris di berbagai perusahaan. Paling anyar, Raharja tercacat menjadi Komisaris Utama Rukun Raharja sejak 11 Juni 2014 lalu.

Namun, nama Rudiantara sendiri lebih dikenal di dunia telekomunikasi Indonesia. Pria bergelar Sarjana Statistik dari Universitas Padjadjaran tersebut memulai karir di bidang telekomunikasi sebagai General Manager Marketing Indosat pada tahun 1986. Setelah itu, Rudiantara terus malang melintang di berbagai perusahaan telekomunikasi besar tanah air.

Sejak tahun 1996, Rudiantara didapuk sebagai Chief Operating Officer di PT Telekomindo di tahun 1996. 11 tahun setelahnya dihabiskan oleh Rudiantara di berbagai jabatan eksekutif di Indosat maupun Telkomsel. Baru di tahun 2005 Rudiantara menjabat salah satu posisi direktur di PT XL Axiata Tbk yang dulu masih bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk.

Hampir tiga tahun di XL, Rudiantara menjadi salah satu komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Lalu statusnya berubah menjadi Komisaris Independen sejak tahun 2011 hingga 2012. Selain itu, pria yang juga mempunyai gelar MBA dari IPPM (1988) tersebut juga pernah menduduki posisi Sekeretaris Jendral dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI).

Karir Rudiantara berkembang pesat tidak hanya di sektor komunikasi saja. Sejak tanggal 28 September 2006, Rudiantara menempati posisi strategis di PT Semen Gresik Tbk. dan berhasil mewujudkan 5 pembangunan pembangkit listrik bermesin turbin batubara berkapasitas 400 MW.

Keberhasilan tersebut yang mungkin memacu Rudiantara untuk mengadu nasib sebagai Wakil Dirut PLN di tahun 2006. Selama dua tahun di perusahaan listrik plat merah tersebut, Rudiantara mempunyai andil besar dalam pengumpulan dana untuk pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt meski akhirnya dia mengundurkan diri di tahun 2009.

Rudiantara juga sempat mencicipi dunia perkeretaapian dengan memegang jabatan rangkap sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways dan CEO Transpacific Railways Infrastructure (TRI).

Riset dan analisis oleh Bramy Biantoro

PENDIDIKAN
  • S1 Statistik Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran di 1984
  • MBA IPPM tahun 1988
KARIR
  • Komisaris Independen PT Indosat Tbk.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 10 Desember 2019 11:34:00 Menko Luhut: PLN Beruntung Dapat Rudiantara

    Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Rudiantara jadi kandidat terkuat dari hasil tim penilai akhir (TPA), sebab dinilai bisa mengatasi berbagai target yang harus dikejar PLN.

  • Senin, 9 Desember 2019 18:30:22 Rudiantara Kandidat Kuat Jadi Dirut PLN

    Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Rudiantara jadi kandidat terkuat dari hasil tim penilai akhir (TPA), sebab dinilai bisa mengatasi berbagai target yang harus dikejar PLN.

  • Senin, 9 Desember 2019 16:31:19 Tarif Listrik Bukan Prioritas Rudiantara Saat Jadi Dirut PLN

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan, penyesuaian tarif listrik bukan tugas prioritas Rudiantara jika sudah resmi menjadi orang nomor satu di perusahaan milik negara tersebut. Sebab, masih ada program pengadaan listrik 35.000 megawatt yang harus diselesaikan.

  • Rabu, 27 November 2019 06:40:00 Tak Lagi di Kabinet, Para Mantan Menteri Jokowi Ini Dikabarkan Bakal Jadi Bos BUMN

    Para mantan menteri dan wakil menteri dikabarkan akan masuk dalam jajaran petinggi BUMN. Siapa saja mereka

  • Selasa, 26 November 2019 18:39:39 Rudiantara Hingga Susi Dikabarkan Masuk BUMN, Istana Singgung Kinerja Baik

    Moeldoko masih enggan berkomentar lebih jauh soal tugas apa yang akan diembankan kepada 3 mantan menteri Kabinet Kerja itu.

  • Selasa, 26 November 2019 18:11:19 Tugas Berat Menanti Dirut PLN Baru

    Kemudian pekerjaan lain yang perlu diperhatikan adalah masalah listrik. Menurut Arya, masih banyak di daerah-daerah yang kerap kali mengalami pemadaman listrik.

  • Selasa, 26 November 2019 13:41:54 Erick Thohir Evaluasi Besar-besaran Sejumlah Perusahaan BUMN

    Jonan disebut-sebut akan ditempatkan sebagai komisaris Garuda Indonesia, sementara itu Susi dikabarkan akan menjadi komisaris Perum Perikanan Indonesia (Perindo).

  • Selasa, 26 November 2019 12:42:24 Perombakan Direksi dan Komisaris PLN Paling Lambat 29 November 2019

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana akan merombak jajaran direksi dan komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Perombakan itu, nantinya akan dilakukan setelah dirinya pulang kunjungan kerja dari Korea Selatan.

  • Senin, 25 November 2019 16:25:58 Tak Hanya Rudiantara, Jonan dan Susi Dikabarkan Bakal Masuk BUMN

    Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga dikabarkan akan masuk BUMN. Meski demikian, Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN Arya Sinulingga tak banyak bicara mengenai hal itu.

  • Senin, 25 November 2019 15:35:15 Alasan Rudiantara Ditunjuk Jadi Bos PLN

    Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN Arya Sinulingga turut berkomentar mengenai kabar penunjukan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai Direktur Utama PT PLN. Menurutnya, hingga saat ini belum ada surat keputusan yang diberikan pihak Istana kepada Kementerian BUMN.

  • Senin, 25 November 2019 14:37:56 Rudiantara Ditunjuk jadi Direktur Utama PLN

    Rudiantara adalah Menkominfo periode 2014-2019. Sebelum menjadi Menkominfo, Rudiantara pernah menjadi Wakil Dirut PT PLN pada 2008-2009 lalu.

  • Kamis, 24 Oktober 2019 06:10:00 Mereka yang 'Tergusur' dari Kabinet Baru Jokowi

    Ada 17 menteri yang pernah menjabat di era Jokowi-JK, kini sudah tidak menjabat lagi di era Jokowi-Ma'ruf Amin

  • Jumat, 18 Oktober 2019 13:36:31 Potensi Kerugian Negara Akibat Ponsel Ilegal Capai Rp55 Miliar per Hari

    Setidaknya, ada pendapatan negara berupa pajak yang tertahan sekitar Rp2 triliun per tahun. Oleh karenanya, peraturan pemblokiran ponsel BM via IMEI akan membantu mengembalikan potensi pajak tersebut.

  • Jumat, 18 Oktober 2019 12:17:43 April 2020, Ponsel BM di Indonesia Tak Bisa Lagi Dipakai

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, dengan dikeluarkannya aturan pemblokiran ponsel black market (BM) melalui International Mobile Equipment Identify (IMEI), maka ponsel BM tidak bisa lagi digunakan di Indonesia per April 2020.

  • Jumat, 18 Oktober 2019 11:20:55 3 Kementerian Kerjasama Pemblokiran Ponsel BM via IMEI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menandatangani perjanjian pemblokiran ponsel black market (BM) via International Mobile Equipment Identify (IMEI).

  • Minggu, 13 Oktober 2019 13:00:00 Rudiantara Prediksi Indonesia Bakal Punya Unicorn Baru di Sektor Pendidikan

    Namun, startup yang bermain di ranah pendidikan secara Gross Merchandise Value (GMV) saat ini masih belum terlihat. Sebagai perbandingan, Rudiantara menyoroti OVO, perusahaan seumur jagung tapi berhasil menyemat status unicorn berkat kecepatan traksi (traction).

  • Minggu, 13 Oktober 2019 11:30:00 Rudiantara: Ekonomi Digital jadi Senjata Indonesia Tarik Investor Asing

    Rudiantara juga turut senang dengan pencapaian 5 startup lokal yang kini telah berstatus sebagai unicorn, yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, OVO, dan Go-Jek. Dia berharap, ada perusahaan startup lainnya yang memiliki nilai valuasi di atas USD 1 miliar pada akhir tahun nanti.

  • Rabu, 9 Oktober 2019 16:10:27 Kata Menkominfo Soal Menjamurnya Buzzer di Media Sosial

    Mantan Komisaris Independen PT Telekomunikasi Indonesia ini tak ingin berkomentar banyak soal buzzer melakukan bullying berujung persekusi di dunia maya.

  • Selasa, 8 Oktober 2019 16:35:27 Menteri Rudiantara Pesan Bukalapak dkk Turut Bantu Naikkan Kelas Pelaku UMKM

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengingat pesan miliarder Jack Ma untuk mengembangkan UMKM agar turut serta menikmati pertumbuhan ekonomi. Kata dia, pemerintah harus mengoptimalkan keterlibatan UMKM dalam negeri di dalam perkembangan ekonomi digital yang kian hari makin pesat.

  • Selasa, 8 Oktober 2019 16:17:50 Rudiantara Soal Whatsapp Pay: Yang Penting Lindungi Masyarakat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menanggapi wacana metode pembayaran nontunai WhatsApp Payment (Whatsapp Pay) yang akan masuk ke Indonesia. Menurutnya, hal yang harus diutamakan adalah perlindungan konsumen, jangan sampai merugikan masyarakat.

Sebelumnya