Rosan Roeslani

Foto:

Rosan Roeslani


Nama Lengkap : Rosan Roeslani

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam


No Relation
BIOGRAFI

Bicara soal bisnis tak bisa lepas dari sosok Rosan Perkasa Roeslani, presiden direktur dan direktur dari PT. Berau Coal Energy Tbk. Tak ada niat untuk menekuni bidang ini, dia sendiri menyebutnya sebagai kecelakaan. Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993. Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

Di sana dia bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang finance,mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia. Mulanya banyak mencibir usahanya, namun mereka tetap berusaha meyakinkan akan membuat financial restructure. Apalagi pada pertengahan 1997, boleh dibilang hampir semua perusahaan di Indonesia butuh restrukturisasi.

Selengkapnya

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 22 November 2019 14:27:41 April 2020, Undang-undang Omnibus Law Diharapkan Sudah Terbentuk

    Rosan mengatakan, seluruh kajian mengenai apa-apa saja yang menghambat akan segera diselesaikan pada akhir Desember mendatang. Dengan demikian, penyerahan RUU bisa segera diberikan kepada DPR pada Januari.

  • Jumat, 22 November 2019 13:35:25 Pengusaha Usul Kenaikan UMP 8,51 Persen Tak Dipukul Rata

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani menyarankan agar formulasi perhitungan kenaikan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 dapat dipertimbangkan kembali. Dia pun meminta pemerintah tidak memukul rata kenaikan setiap provinsi sebesar 8,51 persen.

  • Jumat, 22 November 2019 12:45:47 Kadin akan Bentuk Tim Bantu Pemerintah Susun Omnibus Law

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani di Kantornya, Jakarta, untuk membahas mengenai percepatan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk omnibus law.

  • Selasa, 19 November 2019 12:09:39 Kadin Soal Ahok Ditawarkan Gabung BUMN: Kita Yakin Itu Pasti yang Terbaik

    Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, turut berkomentar mengenai tawaran kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Chandra Hamzah untuk menjadi direksi di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurutnya, keputusan itu sudah menjadi kewenangan dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

  • Senin, 18 November 2019 16:05:54 Menteri Edhy: Tidak Mungkin Negara Bangun Ekonomi Tanpa Pengusaha

    Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha yang tergabung di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Dalam pertemuan itu, dirinya menyampaikan peran penting dunia usaha dalam roda perekonomian di Tanah Air.

  • Jumat, 15 November 2019 15:58:41 Bos Kadin Ajak Swasta Turut Bangun Ibu Kota Baru

    Ketua Umum Kamar Dagang dan industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, pembangunan ibu kota baru menjadi tantangan bagi pengusaha. Untuk itu, dia meminta agar swasta ikut andil dalam pembangunan ibu kota baru.

  • Rabu, 13 November 2019 18:49:26 Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Tak Pengaruhi Kepercayaan Investor ke RI

    Para investor melihat ekonomi Indonesia sangat stabil dibandingkan negara lain. Hal tersebut jadi pertimbangan para investor untuk tetap menginvestasikan dananya. Tidak hanya itu, faktor politik juga kata dia dinilai para investor sangat baik.

  • Kamis, 7 November 2019 14:51:01 Kadin Tak Percaya BPS Manipulasi Data Ekonomi

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani angkat bicara soal tudingan Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan manipulasi data. Tudingan itu berasal dari laporan Capital Economist Ltd. asal London, Inggris.

  • Kamis, 7 November 2019 14:12:36 Bos Kadin: Impor Cangkul Malu-maluin dan Menyedihkan

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengkritik adanya impor cangkul dan pacul. Dia menilai harusnya Indonesia sebagai negara agraris bisa menghasilkannya sendiri.

  • Kamis, 7 November 2019 13:20:11 Kadin Ingatkan Pentingnya Pemanfaatan Bonus Demografi Raup Peluang di Era Digital

    Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggelar Dialog Nasional Ekonomi Kreatif di Hotel Sultan, Jakarta. Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani, menilai Indonesia harus dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi dengan jumlah angkatan kerja usia muda yang tinggi.

  • Selasa, 5 November 2019 18:03:33 Soal UMP 2020, Begini Saran Kadin Agar Pengusaha Asing Tak Kabur dari Indonesia

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, menanggapi polemik kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 yang ditetapkan pemerintah. Menurutnya, kenaikan UMP ini harusnya diatur dengan selaras. Sebab, bisa saja pengusaha asing akan melakukan relokasi pabrik karena upah yang tinggi.

  • Selasa, 5 November 2019 17:02:54 Kenaikan UMP Dikhawatirkan Bikin Pelaku Usaha Angkat Kaki dari Indonesia

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengkhawatirkan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia merelokasi bisnis ke negara lain. Hal tersebut merupakan imbas dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 8,51 persen pada 2020.

  • Selasa, 5 November 2019 13:54:35 Ekonomi Melambat, Pengusaha Rem Ekspansi Bisnis

    Pelaku usaha bakal menahan ekspansi bisnis sebagai imbas dari perlambatan ekonomi baik global maupun domestik. Stagnasi ekonomi sudah diprediksi oleh dunia usaha sebelumnya. Rosan menjelaskan, ekspansi bisnis berkaitan dengan prinsip 'supply and demand' alias penawaran dan permintaan.

  • Selasa, 5 November 2019 13:32:54 Faktor ini Buat Ekonomi Indonesia Tak Terpengaruh Signifikan Resesi Dunia

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, belum masuknya Indonesia dalam rantai nilai global (global value chain), di satu sisi memberi keuntungan. Hal tersebut menjadi alasan kenapa perlambatan ekonomi global belum berdampak besar bagi perekonomian domestik.

  • Selasa, 5 November 2019 12:59:16 Ekonomi Tumbuh Melambat, Pengusaha Ingatkan Pemerintah Jaga Daya Beli Masyarakat

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyebut bahwa angka tersebut sebenarnya sudah diprediksi oleh pelaku usaha. Dasar prediksi tersebut yakni perlambatan ekonomi global.

  • Selasa, 5 November 2019 10:35:01 Pengusaha Rapat Besar Bahas Produktivitas dan Daya Saing Pertanian

    Hingga saat ini, ketahanan pangan masih menjadi isu yang jadi perhatian pemerintah. Ada banyak tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan produktivitas pertanian nasional, begitu pula dengan industri pertanian.

  • Rabu, 16 Oktober 2019 18:19:19 IMF Pangkas Ekonomi Dunia, Pengusaha Tak akan Ekspansi Besar-besaran

    Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani mengatakan, penurunan proyeksi yang dilakukan oleh IMF ini bisa menjadi kekhawatiran bagi kalangan usaha dan juga pemerintah. Karena, bukan tanpa sebab proyeksi penurunan itu dilakukan, kalau bukan melihat realitas kondisi ekonomi global yang memang sedang alami perlambatan.

  • Selasa, 15 Oktober 2019 14:56:29 Kadin Gandeng Swedia Terapkan Digitalisasi Sektor Perikanan

    Rosan mengatakan, keberhasilan Swedia dalam mengelola sektor perikanan dapat diadaptasi di Indonesia, salah satunya penerapan teknologi komunikasi dan informasi bagi komunitas nelayan.

  • Senin, 14 Oktober 2019 13:54:02 Kadin Dukung Pemerintah Berantas Mafia Tanah Penyebab Daya Saing RI Lemah

    Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, mengaku geram dengan keberadaan mafia tanah di Indonesia. Selain investor yang menjadi korban, daya saing RI menurutnya terganggu imbas eksisnya mafia tanah yang memakan kerugian hingga triliunan Rupiah tersebut.

  • Senin, 14 Oktober 2019 12:12:51 Disinggung Menteri Airlangga, Rosan Roeslani Bakal Masuk Kabinet Jokowi Periode II?

    Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani hadir dalam acara bedah buku Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. Di tengah-tengah pidatonya, Menteri Airlangga menyentil kelanjutan karir Rosan yang dihubungkannya pada kabinet Jokowi periode II.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya