MERDEKA.COM » REPORTER » YACOB BILLIOCTA
6470 berita dan foto

    Dinas Sosial (Dinsos) Maluku mencatat satu dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Narti Rumain meninggal dunia akibat dampak gempa magnitudo 6,8, Kamis (26/9) pukul 08.46 WIT. Kadis Sosial Maluku Sartono Pinning menuturkan, meninggalnya dosen IAIN Ambon tersebut akibat gempa yang mengguncang.

    Gempa magnitudo 6,8 yang mengguncang Pulau Ambon menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku Farida Salampessy mengatakan, berdasarkan laporan sementara yang diterima gempa menyebabkan bangunan rumah penduduk, perkantoran, pasar dan fasilitas umum rusak.

    Hingga pukul 13.00 WIT, tercatat ada 54 gempa susulan terjadi setelah Ambon diguncang gempa magnitudo 6.5, Kamis (26/9) pagi. Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Karang Panjang-Ambon Sunardi, magnitudo gempa susulan itu rata-rata 3 sampai 4. Hanya ada satu gempa susulan yang magnitudonya 5,6.

    Gempa magnitudo 6,5 yang mengguncang Kota Ambon, Kairatu dan Pulau Haruku, Provinsi Maluku, disebabkan oleh sesar aktif. Gempa terjadi Kamis (26/9) sekitar pukul 06.44 WIB.

    Puluhan dokter yang bertugas di Wamena meminta dievakuasi setelah peristiwa demonstrasi berujung anarkis pada Senin kemarin. Dalam kejadian tersebut, 30 korban meninggal dunia.

    Petugas kebersihan Provinsi DKI Jakarta dibantu polisi melakukan operasi semut membersihkan batu-batuan pascademo ricuh di Jalan Tol Slipi, Jakarta Barat, Kamis (26/9).

    Sejumlah seniman dan budayawan menggelar aksi keprihatinan terhadap Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Nomor 8 Tahun 2018, di Tugu Kujang, Kota Bogor, Rabu kemarin. Aksi mereka berbarengan dengan perhelatan Asia Pacific-Cities Alliance for Tobacco Control (AP-CAT) yang digelar di Kota Bogor.

    Gempa bumi bermagnitudo 6.8 mengguncang wilayah Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (26/9). Gempa terjadi pukul 06.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di darat, berjarak 40 kilometer arah timur laut Kota Ambon.

    Gempa bermagnitudo 6.8 yang mengguncang wilayah Ambon, Provinsi Maluku menyebabkan sejumlah kerusakan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat satu jembatan retak dan bangunan Universitas Pattimura rusak.

    Para pasien yang tergabung dalam komunitas dan pernah menjalani tindakan dan perawatan jantung, diharapkan dapat menjadi pahlawan jantung dan dapat saling berbagi pengalaman dan mendukung satu sama lain, sehingga tercipta hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

    Massa bergabung di Jalan Pemuda, Kota Mataram. Mereka bergerak ke arah timur dan bergabung dengan mahasiswa dari kampus lain di Jalan Airlangga, seperti Universitas Muhammadiyah Mataram dan Universitas Islam Negeri Mataram.

    Direktur Utama (Dirut) BPD Papua Zendarto mengatakan operasional perbankan di Wamena hingga Kamis (26/9) masih lumpuh, karena sebagian besar karyawan masih trauma dan berada di pengungsian. Namun pihaknya masih melayani transaksi terbatas, misalnya permintaan uang dari Pemda Jayawijaya.

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menginisiasi satu data kemiskinan yang terus diperbarui. Hal ini di antaranya untuk menghindari kesalahan penerima bantuan dari pemerintah.

    Personel TNI dan Polri menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan kelompok mahasiswa di Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Senin (23/9). Satu personel TNI meninggal dunia. Sementara anggota Polri lainnya mengalami luka dan dirawat di Rumah Sakit Bayangkara.

    Lima anak berinisial S (11), M (12), H (13), D (15) dan K (11) di Pontianak Timur, Pontianak, Kalimantan Barat menganiaya temannya berinisial A 916), gara-gara tidak terima salah satu pelaku dituduh oleh korban. Kejadian penganiayaan tersebut sempat direkam oleh mereka dan viral di media sosial.

    Kasus penemuan jenazah perempuan bernama Eka Pratiningsih (20) di parit, Palangka Raya, Kalimantan Tengah terungkap. Korban dibunuh oleh pamannya bernama Suwito Widadno (55). Sebelum membunuh, pelaku sempat berusaha memerkosa keponakannya tersebut.

    Empat warga negara Indonesia (WNI) di Singapura ditangkap lantaran dugaan keterlibatan dalam kegiatan radikal. KBRI Singapura telah menerima informasi dari Kementerian Dalam Negeri Singapura terkait penangkapan empat pekerja migran Indonesia yakni RH, TM, AA, dan SS.

    BPBD Provinsi Jambi menggelontorkan anggaran operasional pemadaman kebakaran hutan dan lahan senilai Rp 1,3 miliar untuk delapan kabupaten. Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni mengatakan, dana tersebut digunakan untuk operasional personel TNI, Polri, BPBD, Mangala Agni dan yang lainnya.

    Kerusuhan yang terjadi di Waena menyebabkan tiga warga dan satu anggota TNI tewas. Kerusuhan pecah saat para mahasiswa dalam perjalanan dipulangkan dari halaman Universitas Cenderawasih, meminta diturunkan dan menyerang anggota TNI serta Polri. Usai kejadian tersebut, sebanyak 733 mahasiswa diamankan.

    Anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri dan Polres Metro Jakarta Utara meledakkan bahan peledak dari penangkapan terduga teroris berinisial MA (21), di daerah Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

 |<<    4  5  6  7  8  9  10    >>|